Anggota Sat Polsek Tualang Melakukan Pengecekan Suhu dan Sosialisasi Cara Pencegahan Virus Covid-19 setelah,Apel Bersama Petugas RSUD Tipe D Tualang

1
173
Anggota Sat Polsek Tualang Melakukan Pengecekan Suhu dan Sosialisasi Cara Pencegahan Virus Covid-19 setelah,Apel Bersama Petugas RSUD Tipe D Tualang

Siak, Nawacitapost – Seluruh  Anggota  Polsek Tualang Kabupaten Siak Riau bersama Petugas Kesehatan RSUD Tipe D Tualang melakukan pengecekan suhu badan dan sosialisasi cara mengatisipasi dan Pencegahan Virus Corona atau Virus Covid-19.di Halaman Mapolsek Tualang km 5 perawang Kabupaten Siak,Kamis,(19-03-3020), di mulai pada pukul 09.30 Wib.

Kegiatan tersebut dalam Rangka Sosialisasi Virus COVID-19, Screning PTM dan Pemeriksaan Kesehatan seluruh Personil Polsek dan  peserta lainnya yang bekerja di polsek Tualang.

Kapolsek Kompol Pribadi  SH berserta dengan didampingin panit Intel Ipda suwondo dan Personil sat Polsek  Tualang dengan beberapa Dokter RSUD Tualang dan beberapa Anggota rumah sakit yang membantu untuk melakukan pengecekan suhu badan sat polsek Tualang.

Baca Juga : Istiqlal Tidak Shalat Jum’at Ikuti Instruksi Gubernur

Kegiatan tersebut ,diawali setelah Apel dan dilanjutkan sosialisasi gejala Virus COVID-19, Scrining PTM dan lalu pemeriksaan kesehatan oleh  para petugas kesehatan lainnya,terhadap sat polsek Tualang.

Salah satu petugas  Rumah sakit yang ikut dalam kegiatan tersebut memaparkan yang dimaksud orang dalam pemantauan timbulnya Gejala virus Covid-19,  yang diawali adanya indikasi, batuk,filek, sesak nafas, demam dan di luar fenomoni.

“Orang yang baru melakukan perjalanan atau menetap sebelumnya selama 14 hari dari Luar Negeri dan atau dari Daerah Transmisi Lokal di Delapan Provinsi Dalam Negeri,” katanya.

“Tambahan Fenomoni, di tandai Nafas berat dan cepat.Apabila gejala tersebut diatas di tambah dengan Fenomoni maka orang tersebut menjadi orang dalam pengawasan,” kata Petugas Kesehatan rumah sakit Umum Tipe D Tualang Kabupaten Siak.

Lalu, orang menjadi pengawsan, orang yang melakukan kontak langsung dengan orang yang konfirmasi Positif COVID-19, Kontak Rat (Pihak Medis) yang melakukan Perawatan terhadap pasien COVID-19.

Sehingga langkah pencegahan, Puskesmas mengadakan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan menghimbau masyarakat untuk tidak merokok, membiasakan hidup bersih dan rutin berolahraga fisik.

“Apabila sudah sering memegang benda agar tidak menyentuh wajah dan segera mencuci tangan dan  mengingatkan cara mencuci tangan yang baik,” pesan yang mewakili Rumah sakit Umum Daerah Tipe D Tualang,

Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya SH.SIK.MIK,melalui Kapolsek Tualang Kompol Pribadi,SH,mengatakan, tujuan kegiatan ini, agar mendapatkan gambaran cara sosialisasi kepada masyarakat terkait Virus Covid-19 ini.

“Sehingga melalui giat ini, pihaknya bisa mengarahkan Personil Bhabinkamtibmas untuk bekerja sama dengan tenaga medis dan Bidan Desa untuk memonitor dan melakukan pengawasan serta  pemaparan pencegahan Virus COVID-19 di wilayah Kecamatan Tualang,”ungkapnya.

Privadi,SH,Menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Tualang Agar tetap mencuci dan  membersihakan Tangannya seperti yang di contohkan oleh Anggota saya di mana  sebelum melakukan kegiatan cuci tangan yg telah di sediakan dan masyarakat bisa langsung melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit yang telah di tunjuk seperti Rumahsakit Umum Daerah Tipe D Kecamatan Tualang KM 9,Puskesmas Perawang,Dan Puskesmas Tualang.

“Anggota saya  Bhabinkamtibmas bisa langsung berkoordinasi dengan pemerintah Desa, melibatkan bidan Desa untuk memonitor, mengawasi serta melaporkan bila ada masyarakat terindikasi terpapar Virus COVID-19. Giat berakhir pukul 11.30  Wib situasi aman dan kondusif saat ini Personil  Polsek Kepenuhan Negatif COVID-19,” pungkasnya.

Reporter : Sokhiaro Halawa,(Nawacitapost, Kabupaten Siak)

Comments are closed.