Kades Terusan Sintang Terindikasi Korupsi , PEMDES dan Camat Acuh Terima Laporan Masyarakat

2
986
Kades Terusan Sintang Terindikasi Korupsi , PEMDES dan Camat Acuh Terima Laporan Masyarakat

Sintang, Nawacitapost.com- Anggaran dana desa yang di gelontarkan oleh pemerintah pusat untuk desa terus meningkat setiap tahu. Akan tetapi banyak para kades kerap menyalahgunakan anggaran tersebut demi memperkaya diri sendiri dan kerabatnya.

Hal tersebut terjadi di Desa Terusan Kecamatan Dedai kabupaten Sintang,berdasarkan laporan masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya kepada Nawacitapost, menyebutkan banyak kesalahan dan kejanggalan di dalam RAB dan SPJ Desa sejak 2017.

“Dimana RAB 2017 Desa Terusan terdapat pengadaan BUMDES yaitu pembelian Tabung Gas elpiji 3kg dengan nilai RP. 50.000.000 dan belum ada realiasasi sedangkan di SPJ sudah tertuang nilai pembelian 300 biji tabung gas, sementara 1 biji saja belum ada di desa dan BUMDES belum ada bentuk atau wujudnya,”kata orang yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga : 2 Oknum PNS dibekuk Polisi Usai Mencuri di Bappeda Kabupaten Baru

Sejumlah warga berusaha melaporkan hal tersebut ke pihak terkait seperti : camat dedai, pemdes sintang, inspektorat, polres, kejaksaan bahkan DPRD, namun tidak ada tanggapan apapun dari pihak terkait tersebut terhadap laporan masyarakat.

Selain itu ada banyak kegiatan pembangunan fisik di desa yang pengerjannya tidak sesuai dengan RAB seperti Jembatan Apung SUngai Jetak dengan volume Rp. 14 juta tidak di kerjakan, jalan Tani, jembatan Blok dan sejumlah pemeliharan jalan desa dan drainase tidak di kerjakan secara maksimal dan banyak penyimpangan pekerjaan.

Masyarakat berharap kepada pihak terkait bisa memanggil dan menyelesaikan kasus ini agar Kades tidak semena-mena menggunakan anggaran Dana Desa.

Reporter : Ary Mendova

2 KOMENTAR

Comments are closed.