Peluncuran Transaksi Non-Tunai di Lingkungan Pemerintahan Kota Gunungsitoli

4
274
Gunungsitoli, NAWACITA - Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar acara peluncuran Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli, berlangsung di Ruang Rapat Lt. II Kantor Wali Kota Gunungsitoli pada hari Selasa, 4 Februari 2020.
Peluncuran Transaksi Non-Tunai di Lingkungan Pemerintahan Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, NAWACITA – Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar acara peluncuran Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli, berlangsung di Ruang Rapat Lt. II Kantor Wali Kota Gunungsitoli pada hari Selasa, 4 Februari 2020.

Acara peluncuran Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli yang difasilitasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendpatan Daerah (BPKPD) di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Agustinus Zega, Kepala Cabang BRI Gunungsitoli I Wayan Mestera, Kepala BPKPD Gunungsitoli Yasokhi Tertulianus Harefa, SE, M.Si.

Baca Juga: Kalapas Kelas IIB Gusit, Soetopo Barutu Deklarasikan Janji WBM/WBBM

Dalam laporan peluncuran Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Kepala BPKPD menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan bagian dari proses tahapan kegiatan yang telah dimulai dari Sosialisasi Pelaksanaan Transaksi Non Tunai kepada Stakeholder pada tanggal 24 Januari 2020 yang lalu, kemudian pelaksanaan tahapan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi CMS (Cash Management System) kepada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli pada tanggal 27 Januari 2020 dan hari ini dilaksanakan peluncurannya.

Dalam laporan tersebut, Kepala BPKPD menyampaikan bahwa Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemerintah Kota Gunungsitoli , bermaksud dan bertujuan untuk meningkatkan Integritas, Akuntabilitas dan Transparansi pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mendorong pencegahan tindak pidana korupsi dan tindak pidan pencucian uang, mewujudkan penyelenggaraan transaksi keuangan dalam pengelolaan keuangan daerah yang tepat jumlah, cepat, aman, efisien, hemat biaya serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat, terakhir meningkatkan potensi dan produktifitas bisnis di daerah yang memungkinkan pelaku usaha mendapatkan aliran transaksi secara lebih valid yang bermuara pada peningkatan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Baca Juga: Rocky Gerung Bantah Memiliki Akun Medsos

Dalam sambutan Kepala Cabang BRI Gunungsitoli I Wayan Mestera, sebagai mitra kerja mengapresiasi Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah mengimplementasikan sistem pembayaran ini sebagai kebutuhan di era modren dan dapat menjadi motivator dan contoh bagi Pemerintah Daerah lainnya di Kepulauan Nias khususnya.

Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Agustinus Zega, dalam sambutannya menegaskan kembali tujuan utama pelaksanaan transaksi non tunai ini adalah peningkatan perwujudan pengelolaan APBD yang transparan dan akuntabel. Agustinus Zega berharap dengan pelaksanaan sistem transakai non tunai ini, maka pengelolaan APBD semakin baik dalam penatausahaan dan pelaporan keuangan.

Turut hadir pada acara tersebut Forkopimda Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Instansi BUMN lingkup Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah lingkup Kota Gunungsitoli dan segenap undangan lainnya.

Alexius Telaumbanua