Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Sukseskan Program Pembangunan Pemko Gusit melalui Poktan “Sepakat”

2
105
Gunungsitoli, NAWACITA - Desa Binaka, Kec. Gunungsitoli Idanoi cukup lama di kenal masyarakat sebagai salah satu daerah penghasil sumber daya sayur mayur di Kota Gunungsitoli.
Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Sukseskan Program Pembangunan Pemko Gusit melalui Poktan "Sepakat"

Gunungsitoli, NAWACITA – Desa Binaka, Kec. Gunungsitoli Idanoi cukup lama di kenal masyarakat sebagai salah satu daerah penghasil sumber daya sayur mayur di Kota Gunungsitoli. Dengan sumber daya yang dimilki oleh Desa Binaka tersebut, maka program pengembangan dan pemberdayaan terus mengalir baik dari Program Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pertanian dan Pemerintah Kecamatan, maupun dari Anggaran Dana Desa.

Baca Juga: DPD KNPI Kota Gunungsitoli Periode 2019-2022 Dilantik Akhir Januari 2020

Pada tahun – tahun sebelumnya, pola budidaya tanaman sayur mayur masyarakat Desa Binaka di kategorikan tradisional dan di lakukan secara individu, sehingga hasil yang diperoleh masih belum maksimal. Walau demikian, dengan potensi sumber daya yang dimilki oleh masyarakat, baik potensi geografis dan sosiologisnya, Pemerintah Kota Gunungsitoli menjadikan Desa Binaka sebagai salah satu sasaran pembangunan di bidang Pertanian.

Melalui Dinas Pertanian dan Kecamatan Gunungsitoli, masyarakat petani di organisir untuk membentuk Kelompok Pertanian (POKTAN), anggota kelompok di latih dengan berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan budidaya pertanian oleh tenaga penyuluh yang profesional dan menyalurkan program pupuk gratis kepada anggota kelompok pertanian.

Program dukungan Pemko Gunungsitoli ini, tidak semata – mata hanya untuk membantu masyarakat, akan tetapi sebagai bentuk aksi dalam menyukseskan Visi Misi Pemerintah, menyiapkan masyarakat Kota Gunungsitoli yang Maju dan Berdaya Saing.

Kamis, 16 Januari 2020, Kelompok Pertanian Desa Binaka ini yang juga ikut diberdayakan oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2019, menyelenggarakan Panen Raya Cabai Merah. Kegiatan Panen Raya ini dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli yang di dampingi oleh Ibu Ketua Penggerak PKK, Assisten I, Kadis Pertanian dan Camat Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Kehadiran Pimpinan di Kota Gunungsitoli ini sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat.

Sesuai informasi yang di dapatkan oleh Tim Nawacita dari Camat Gunungsitoli Idanoi melalui pesan elektornik, Camat Gunungsitoli Idanoi Dasma Estaraya Telaumbanua, menyampaikan “Panen Raya Cabai Merah di Desa Binaka merupakan hasil dari penggunaan Dana Desa T.A 2019 dan dukungan pupuk gratis kepada Poktan dari Pemko Gunungsitoli tahun 2019. Salah satu Poktan yang menerima dukungan ini adalah Poktan SEPAKAT, dimana tahun 2019 Poktan Sepakat telah mengolah lahan 1,2 Ha yang ditanami Cabai Merah dan hari ini sudah mulai dipanen”.

Baca Juga: Pasangan LASO Jilid II Resmi Mendaftar di DPC Partai Demokrat

Berdasarkan data yang telah dicatat oleh Poktan, bahwa periode tanam kali ini cukup memuaskan. “Dari 1,2 Ha tanaman Cabai Merah dapat diperoleh hasil panen rata – rata 600Kg/3 hari” ungkap Dasma Estaraya Telaumbanua.

Camat yang cukup dekat dengan masyarakat ini, berharap agar program pemberdayaan masyarakat yang serupa dapat berkembang di desa – desa lain, agar ketergantungan komoditi sayuran dan bumbu dari luar daerah Kep. Nias dapat berkurang. “Harapan ke depan agar Dana Desa dapat mendorong pengembangan sektor pertanian dalam memanfaatkan potensi sumber daya masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan penghasilan masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat” Ungkap Dasma Estaraya Telaumbanua dengan penuh optimisme.

Alexius Telaumbanua