Terkait Pergantian Nama Jalan Bung Tomo, Fraksi PSI DPRD Surabaya Temui keluarga Bung Tomo

3
168
Foto : Bambang Sulistomo (putra Bung Tomo) bersama Josiah Michael, William Wirakusuma, dan Tjutjuk Supariono dari Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya

Surabaya NAWACITA – Pembahasan perubahan dan pemberian nama jalan sudah dilakukan oleh tim Pansus DPRD Kota Surabaya di awal tahun 2020. Demikian disampaikan Tjutjuk Supariono, anggota Fraksi PSI yang juga sekretaris Pansus Pemberian dan Perubahan Nama Jalan melalui saluran Telpon, Sabtu (11/1).

Tjutjuk juga menjelaskan bahwa pada Kamis 9 Desember lalu pimpinan dan anggota pansus sudah berkonsultasi dengan Kemendagri perihal perubahan nama jalan dan Kemendagri menyatakan bahwa jalan milik kota diatur oleh pemerintah kota sendiri.

Baca juga : Pimpin Rapat Terbatas ( RATAS) Gubernur Khofifah Harap Big Data Koneksikan Antar OPD di Jatim

Lanjut Tjutjuk, Rapat Pansus mengenai Perubahan dan Pemberian nama Jalan juga sudah mengundang beberapa pihak-pihak permerhati sejarah dan budaya. Untuk Jalan Bung Tomo sendiri Pemkot Surabaya mengusulan diganti menjadi Jalan Kencana.

“Putra Bung Tomo menyampaikan kepada kami bahwa jalan bung Tomo itu diberikan oleh Cak Narto untuk langkah awal mengusulkan kepada pemerintah saat itu supaya menjadikan beliau Pahlawan Nasional.” Ujar Tjutjuk Supariono selaku sekretaris Fraksi PSI.

Baca juga : Gubernur Khofifah Targetkan PPMO Perpres No.80/2019 Segera Final

Harusnya selain ada kajian akademik terlebih dahulu terhadap masyarakat yang terdampak juga memperhatikan nilai historis. Untuk itu kami mengusulkan kepada pansus untuk mendatangkan narasumber dari bidang akademik dan sejarah.

Jumat siang (10/1) Fraksi PSI memiliki kesempatan untuk mendengar langsung keinginan Keluarga bung Tomo saat ngopi bareng pak Bambang Putera Kandung dari Bung Tomo.

Baca juga : Pemda Diharap Dukung Lima Hal Untuk Percepatan Pelaksanaan Perpres 80/2019

“Setelah Ngopi bareng dan diskusi bersama pak Bambang, kami mengerti pandangan keluarga terhadap makam Bung Tomo dan setuju supaya nama jalan bung tomo seperti sebelumnya atau jika pemkot tetap memaksakan perubahan nama, ya jangan jadi jalan kencana tapi jalan makam bung tomo”pungkasnya.

Selanjutnya untuk perubahan nama jalan yang lainnya anggota fraksi PSI akan turun ke lapangan langsung menyerap aspirasi dan mensosialisakan dari masyarakat yang terdampak.

 

Ditulis kembali oleh :

 

 

 

 

Comments are closed.