Pemda Diharap Dukung Lima Hal Untuk Percepatan Pelaksanaan Perpres 80/2019

2
123
Pemda Diharap Dukung Lima Hal Untuk Percepatan Pelaksanaan Perpres 80/2019

Surabaya NAWACITA – Pemerintah daerah (pemda) diharapkan bisa mendukung penuh lima hal yang merupakan tindak lanjut untuk percepatan pelaksanaan Perpres 80/2019. Hal itu disampaikan Deputi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo saat rapat koordinasi (rakor) Sinergi Penyelenggaraan Pemerintahan se – Jatim, Kamis (9/1/2020) di Grand City Convention Exhibition, Surabaya yang mengambil tema “Mewujudkan Pemerintahan yang aman, tertib, dan akuntabel dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat seiring dengan Perpres No. 80 Thn. 2019”

Hadir Pada kesempatan, Deputi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo menjelaskan, pemerintah daerah (pemda) diharapkan bisa mendukung penuh lima hal yang merupakan tindak lanjut untuk percepatan pelaksanaan Perpres 80/2019.

Baca juga : Ketua KPK Firli Bahuri : Pejabat Jangan Bermain-Main Dengan Korupsi

Menurutnya, Kelima hal tersebut yaitu Penyiapan Project Management Office (PMO) dan Panel Konsultan, penyiapan lahan, penyiapan perizinan, integrasi program/proyek dalam Perpres ke dalam RPJMD, dan integrasi program/proyek dalam peninjauan kembali dan revisi RTRW provinsi dan/atau RTRW kabupaten/kota.

“Kami harap pemerintah daerah memberikan dukungan penuh semua tindak lanjut yang sudah kami rencanakan dalam rangka mempercepat pelaksanaan Perpres No. 80/2019,” ungkap Wahyu.

Baca juga : Gubernur Khofifah Targetkan PPMO Perpres No.80/2019 Segera Final

Terkait pembentukan panel konsultan, ia menyampaikan beberapa alasannya yaitu untuk percepatan dalam pengadaan, fleksibilitas, clean and clear track record konsultan penyedia jasa, serta Proyek Infrastruktur Prioritas (PIP) dan Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan proyek yang dikhususkan. (BNW)

Comments are closed.