BANDUNG, NAWACITAPOST.COM – Dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan sebagai wujud kepedulian sosial, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan melaksanakan kegiatan pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham. Kanwil Kemenkumham mengawali partisipasi arahan Menteri tersebut dengan menyelenggarakan rapat persiapan Kumham Peduli, Kumham Berbagi (Senin, 26/07/2021).

BACA JUGA : KAKANWIL (SUDJONGGO) HADIRI RAPAT BANTUAN BAGI MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

Bertempat di Ruang Rapat Romli Atmasasmita, kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kumham Jabar) Sudjonggo mengawali dengan sambutan. Dilokasi langsung hadir Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Ngadiono Basuki, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankum) Heriyanto. Adapun secara virtual yakni Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Taufiqurrakhman dan Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Im) Heru Tjondro.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bidang Pelayanan dan Hukum Ahmad Kapi Sutisna, Kepala Subbidang Administrasi Hukum Umum (AHU) Deden Firmansyah dan Kepala Subbagian Humas, RB dan TI Ginni Dewi serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Jawa Barat dan Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) dan Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Jawa Barat Irfan Ardiansyah beserta jajaran juga secara virtual.

Rapat persiapan ini sebagaimana upaya tindak lanjut arahan Menteri Hukum dan HAM RI sebagai upaya kepedulian Kemenkumham RI kepada sesama saudara yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Sempat disinggung Kakanwil Sudjonggo dalam sambutannya menyampaikan mengenai isu saat ini terkait pandemi Covid-19 yang masih harus dalam perhatian penuh waspada karena trend-nya begitu mengkhawatirkan. Sudjonggo berpesan agar kita tidak lengah dan selalu berpola pikir preventif, mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi situasi yang sukar diprediksi kedepannya.

Baca juga :  Sumatera Barat Di Guncang Gempa Berkekuatan 4,3 Skala Richter

BACA JUGA : Arahan Kakanwil (Sudjonggo) Kepada Unit Pelaksana Teknis Terkait Kebijakan PPKM Darurat

“Mengenai giat Bantuan Sosial (Bansos) ini, silahkan panitia menyesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari pusat. Untuk pelaksanaannya bisa dilakukan dengan pembagian zonasi untuk menghindari potensi kerumunan. Tak lupa saya ucapkan Terima Kasih kepada teman-teman notaris sudah bersedia memberikan donasi dalam kegiatan Kumham Peduli, Kumham Berbagi ini”, ujar Sudjonggo.

BACA JUGA : LAWAN COVID-19 DI MASA PPKM, KAKANWIL (SUDJONGGO) BERI PENGARAHAN KEPADA UPT JABAR

Kadivmin Ngadiono Basuki menyambung dalam mengapresiasi pada anggota INI dan jajaran atas niat bekerja sama dalam berbagi. “Upaya kepedulian sosial ini sebagai cerminan bahwa Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat”, lanjutnya. Kadivyankum Heriyanto juga mengucapkan terima kasih atas dukungan INI Jawa Barat, hubungan yang baik yang sudah dibina menghasilkan sinergi yang sangat bernilai, utamanya seperti kegiatan-kegiatan seperti ini

BACA JUGA : Hanya Anas, Nazaruddin dan Angelina Sondakh Yang Ditangkap KPK, SBY Selamatkan Ibas dari Kasus…

Kadivpas Pemasyarakatan menambahkan usulan menjelang akhir rapat persiapan mengenai hal-hal teknis yang perlu dipertimbangkan guna pelaksanaan kegiatan yang efisien, utamanya mengenai pembagian dan penentuan titik lokasi kegiatan. Disambut Kadivim Heru Tjondro yang memperkaya usulan terkait mekanisme penyerahan bantuan agar didistribusikan langsung kepada penerima untuk menghindari potensi kerumunan di masa PPKM.

BACA JUGA : SBY Berkuasa Ragu dan Takut Bubarkan HTI dan FPI, Hampir Membahayakan NKRI

Kegiatan ditutup oleh Kadivmin dengan mengingatkan kepada perwakilan jajaran untuk segera melaporkan jumlah alokasi rencana pemberian bantuan karena sebagai bentuk akuntabilitas pelaporan ke pusat. Diakhiri oleh Ahmad Kapi dalam paparannya, kegiatan ditutup dan dilanjutkan dengan pertemuan internal Kanwil Kumham Jabar untuk pembahasan lebih lanjut.

Baca juga :  Bulog Jatim Pastikan Stok Pangan Aman Selama Pandemi Covid-19 dan Ramadan