Sungai Mezawa Meluap, 40 Rumah di Nias Terendam Banjir

0
86
ilustrasi rumah terendam banjir akibat luapan Sungai Mezawa

Jakarta, NAWACITAPOST – Debit air sungai Sungai Mezawa meningkat usai diguyur hujan lebat pada Minggu (24/10/2021) siang. Akibatnya sebanyak 40 rumah terendam banjir dari 3 dusun yang tercatat terendam banjir.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias mendata rumah terdampak banjir berada di Dusun 3, Desa Tetehosi, Kecamatan Idano Gawo.

Baca Juga : Gebyar Akhir Tahun ! Nawacita TV Gelar Kontes Berhadiah Jutaan Rupiah

“Kondisi saat ini cuaca di sekitar lokasi kejadian cerah. BPBD Nias melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan pihak terkait serta melakukan persiapan untuk meninjau langsung lokasi terdampak,” kata Abdul, Senin (25/10/2021).

Dia menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan pemantauan dengan tetap berkoordinasi dengan pihak lain yang terkait, dan segera melakukan penunjauan lokasi terdampak. Menurutnya, Kabupaten Nias adalah lokasi yang rawan terendam banjir jika intensitas hujan yang terus menerus dengan debit air yang tinggi.

Simak berita viral di TikTok NAWACITA, klik Disini

“Kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Nias memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada enam kecamatan,” ungkapnya.

Selanjutnya pihak BNPB mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca dari BMKG dan kajian resiko bencana melalui inaRISK, jika terjadi banjir waspada terhadap arus bawah, kubangan dan saluran air.

Simak informasi menarik lainnya di youtube NAWACITA TV