Menag Tegaskan Prokes Sebagai Ketakutan Terbesar Covid-19

0
97

Jakarta, NAWACITAPOST – Menag Yaqut Cholil Qoumas yakin bahwa Covid-19 dapat segera ditaklukkan. Kuncinya, masyarakat bersama-sama mematuhi aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Virus ini memiliki kelemahan dan bisa dikalahkan, hanya membutuhkan tindakan kolektif, disiplin, dan kesabaran kita,” ujar Menag saat memberikan sambutan dalam Silaturahim Menko Polhukkam, BNPB, dan Gubernur Jawa Tengah dengan alim ulama pengasuh pondok pesantren, ormas keagamaan dan tokoh agama se-Jawa Tengah, Sabtu (31/07/2021).

Silaturahim ini digelar secara daring. “Covid 19 tidak dapat bertahan dari jarak sosial dan fisik. Ia hanya berkembang ketika kita menantangnya. Virus ini senang sekali dikonfrontasi tapi menyerah dalam menghadapi jarak sosial dan fisik kolektif,” ujarnya.

“Ia tunduk pada kebersihan, tidak berdaya ketika kita menjaga takdir dengan menjaga diri tetap bersih sesering mungkin,” sambungnya.

Menag mengajak pemuka agama terus menenangkan umat dan  mengampanyekan protokol kesehatan 5M agar pandemi ini segera berlalu.

Menag menambahkan, sejarah mencatat bahwa bangsa Indonesia memiliki resiliensi atas berbagai bencana dan krisis sosial lainnya. Yaitu, suatu kemampuan untuk beradaptasi dan teguh menghadapi suatu kesulitan.

“Resiliensi bangsa kita dibuktikan dengan semangat untuk terus berupaya mencari kehidupan yang lebih baik,” tandasnya.