WBP Lapas Perempuan Jakarta Kembangkan Media Tanam Hidroponik, Siap Dipasarkan

0
142
Foto : Hasil Pelatihan WBP Lapas Perempuan Jakarta

Jakarta, NAWACITAPOST – LPP Jakarta Mulai Kembangkan Media Tanam Hidroponik
Setelah sukses dengan Budidaya Jamur, kini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta kembali merambah sektor pertanian. Kali ini, memanfaatkan media tanam Hidroponik, Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta kembali membudidayakan sayur mayur sebagai salah satu pembinaan kemandirian yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, Jumat (7/5).

Foto : Kegiatan WBP Lapas Perempuan Jakarta

Untuk memaksimalkan budidaya, Lapas Perempuan Jakarta membekali 20 warga binaan dengan pelatihan Hidroponik yang bekerja sama dengan Yayasan Qudwah Albarosiyah. Selama pelatihan, warga binaan diajarkan dari awal proses pembuatan media menggunakan pipa hingga cara perawatan tanaman. Meskipun tergolong baru, warga binaan dengan cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh instruktur. Hasilnya, sudah ada 4 pipa yang masing-masing memiliki 20 lubang berisi tanaman salada air.

Foto : Kalapas Herlin Pada Kegiatan Pembinaan WBP Lapas Perempuan Jakarta

Kepala Lapas, Herlin Candrawati mengatakan bahwa Ia sangat mendukung pelatihan ini. Menurutnya, hidroponik merupakan salah satu jenis usaha pertanian yang banyak digemari dan mudah untuk dilakukan.
“kedepannya akan sangat bermanfaat untuk warga binaan. Kita akan kembangkan lagi, awal kita punya 4 pipa, nanti kita buat lebih banyak lagi,” tuturnya.

Foto : Kegiatan WBP Lapas Perempuan Jakarta

Tak hanya mendapatkan ilmu, warga binaan juga memperoleh sertifikat yang menandakan bahwa mereka mampu dalam membudidaya tanaman dengan metode hidroponik.
“Sertifikat ini sebagai bekal mereka di luar bahwa mereka telah dilatih di dalam menjadi ahli hidroponik,” tambah Kalapas.

Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta