Kanim Gorontalo Berdoa Untuk Negeri dan HBI Ke – 71

0
127

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 Tahun 2021, jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo pada Selasa (19/01) mengadakan kegiatan Sholat dan Doa Bersama, mendoakan saudara-saudara kita terdampak bencana yang datang silih berganti di awal tahun ini. Semoga selalu diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi ujian tersebut. Harapan Kami, semoga Indonesia selalu dalam keadaan aman, tentram dan sejahtera untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : HBI Ke 71, Imigrasi Gorontalo Bantu Pasarkan Jagung Ke Luar Negeri, Pengusaha : Pasport Simpatik Sangat Membantu

Tim Eazy Passport Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo pada Sabtu (23/01) melaksanakan layanan pengurusan paspor secara kolektif yang bertempat di  Kantor Cabang PT. Travel Albis Nusa Wisata Gorontalo. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, mulai dari proses pengajuan permohonan paspor yakni penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, proses wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari yang dilakukan di lokasi kegiatan. Rincian permohonan paspor yang diproses pada Sabtu ini sebanyak 5 (lima) pemohon dengan mengajukan jenis permohonan paspor baru.

LAYANAN PENGURUSAN PASPOR KOLEKTIF “EAZY PASSPORT

Program pelayanan paspor kolektif “Eazy Passport” bisa didapatkan dengan cara mengumpulkan rekan kerja, kerabat, teman organisasi, dan lainnya yang hendak mengurus paspor. Selanjutnya, perwakilan pemohon menghubungi Kantor Imigrasi untuk menentukan jadwal pengambilan data biometrik (foro dan sidk jari) di lokasi yang ditentukan. pemohon tidak perlu datang ke kantor Imigrasi, karena petugas yang akan mendatangi pemohon sesuai dengan hari dan waktu yang telah disepakati.

GERAK CERDAS RAKYAT GORONTALO

Pada Minggu (24/01) telah dilaksanakan program bantuan sosial (bansos) dalam rangka Ha

Pada Minggu (24/01) telah dilaksanakan program bantuan sosial (bansos) dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi yang Ke-71 yang diusung dalam program kegiatan Gerak Cerdas Rakyat Gorontalo (GCRG) yang ke 2, oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo di Desa Dulomodo, Kecamatan Gentuma, Kabupaten Gorontalo Utara.

Pelaksanaan kegiatan tersebut digelar di aula Desa Dulomodo yg dihadiri oleh kepala desa dan tokoh masyarakat Desa Dulomodo, dan secara virtual dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, yang dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Muhammad Irham Anwar, bersama Kepala Seksi Lantaskim, A.A. Gde Kusuma Putra dan Kepala Seksi Tikkim, Dedi Firman.

Kegiatan inti dari program tsb adalah pemberian bantuan sarana pendidikan berupa seperangkat Komputer dan printer serta pemasangan modem Wifi yang diserahkan kepada karang taruna Desa Dulomodo dan warga setempat.

Acara tersebut digelar oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo bersama BEM Gorontalo, UNG, UMG, Poltekes dan STMIK  dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 Tahun 2021 yang mengangkat tema Imigrasi Bersatu dalam Jarak Menuju Indonesia Maju!

Rangkaian Kegiatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 Tahun 2021

Selain melaksanakan kegiatan Doa Untuk Negeri, Pelayanan Pengurusan Paspor Kolektif “Eazy Passport” dan Gerak Cerdas Rakyat Gorontalo dalam rangkaian kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Bhakti Imigrasi Ke-71 Tahun 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo juga menggelar kegiatan iainnya seperti:  Pelayanan Paspor Simpatik di Hari Sabtu, Kegiatan Bantuan Sosial Untuk Pensiunan Imigrasi dan Korban Bencana Gempa di Sulawesi Barat serta Program Pemberian Paspor Gratis bagi 3 (tiga) orang pemohon Paspor yang berulang tahun pada tanggal 26 Januari 2021

INOVASI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI GORONTALO TAHUN 2020

INOVASI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI GORONTALO TAHUN 2020

Tim Reaksi Cepat (TRC)

Guna menanggapi dan menindaklanjuti dengan cepat, setiap informasi dan permasalahan yang dilaporkan oleh masyarakat terhadap suatu peristiwa, yang berkaitan dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing (WNA), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo membuat suatu inovasi dengan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). TRC dibentuk oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Muhamad Irham Anwar pada 30 Juli 2020, beranggotakan 5 (lima) orang pada setiap kelompoknya yang keseluruhannya merupakan pegawai dan staf Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo.

Dengan dibentuknya Tim Reaksi Cepat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, diharapkan dapat meningkatkan lagi fungsi pengawasan dan Penindakkan Orang Asing di wilayah Provinsi Gorontalo.

Paspor Satu Kali (PASAKA)

Dalam rangka meningkatkan dan mempermudah layanan pengurusan paspor WNI, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menciptakan suatu inovasi layanan yang bernama Paspor Satu Kali (PASAKA). Program inovasi layanan ini dibuat untuk mempermudah masyarakat Gorontalo dan sekitarnya yang ingin mengurus paspor agar tidak berulang kali datang ke Kantor Imigrasi dalam proses penerbitan paspor mereka. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Muhamad Irham Anwar menegaskan bahwa dengan adanya inovasi layanan PASAKA, maka pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo kini lebih mudah dan tidak berbelit, jika sebelumnya masyarakat yang ingin mengurus harus datang berulang kali untuk proses pengajuannya, kini hanya cukup datang sekali saja.

Dengan digagasnya inovasi layanan PASAKA di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan membantu para pemohon WNI yang ingin mengurus paspor mereka, dengan hanya cukup datang satu kali saja ke Kantor Imigrasi, yang hal tersebut juga bermanfaat dalam hal meminimalisir pertemuan pemohon dengan petugas di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Matrix Pemetaan Orang Asing di Gorontalo (MATOA-GTO)

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo meluncurkan aplikasi Matrix Pemetaan Orang Asing di Gorontalo (MATOA-GTO), suatu bentuk inovasi dalam hal keterbukaan informasi publik terkait keberadaan Orang Asing (WNA) di wilayah Provinsi Gorontalo.

Aplikasi MATOA-GTO diresmikan pada Rabu 12 Agustus 2020, dalam kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Provinsi Gorontalo yang digelar oleh Divisi Keimigrasiaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Program aplikasi MATOA-GTO berisikan laporan rekapitulasi data jumlah Orang Asing yang dapat diakses pada portal web milik Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo melalui laman https://gorontalo.imigrasi.go.id. Di dalam laman tersebut tersajikan jumlah penyebaran Orang Asing beserta negara asalnya, dari setiap kota dan kabupaten di Provinsi Gorontalo.

PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI GORONTALO

Sebagai wujud komitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, salah satu wujudnya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang terbaik bagi masyarakat.

Pada ruang pelayanan, peningkatan kualitas sarana layanan itu dihadirkan dengan menyediakan ruang tunggu pelayanan yang nyaman, dengan pengaturan posisi unit pendingin ruangan yang sesuai, juga dilengkapi dengan unit televisi yang dapat memberikan sarana hiburan bagi pemohon dikala menunggu antrian.

Di ruang tunggu layanan tersebut juga tersedia Fasilitas Pengisi Daya (Charger Station) perangkat komunikasi. Di era teknologi komunikasi yang semakin modern seperti saat ini, kebutuhan akan telepon genggam (HP), tablet dan perangkat komunikasi sejenis lainnya sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Permasalahan yang kerap terjadi adalah ketika para pemohon jasa keimigrasian ingin melakukan komunikasi melalui perangkat mereka, ternyata baterai perangkat tersebut habis atau lemah daya, sehingga membutuhkan tempat atau sarana untuk mengisi daya perangkat tersebut. Berdasarkan dari permasalahan itulah maka Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyediakan fasilitas pengisi daya (Charger Station) di ruang tunggu pelayanan.

Sebagai bentuk dari pelayanan prima kepada para pengguna jasa keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyediakan Fasilitas Konsumsi Gratis (Free Drink) berupa minuman kopi, teh atau air mineral yang bertujuan agar menambah kepuasan secara optimal bagi para pengguna layanan.

Guna meningkatkan semangat dan minat membaca di kalangan masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo juga menyediakan layanan pojok baca di ruang layanan. Dengan adanya fasilitas tersebut, masyarakat pemohon jasa keimigrasian dapat menyempatkan diri untuk membaca buku ketika menunggu antrian layanan.

Ruang Tunggu Layanan yang nyaman

Selain membaca buku, pemohon juga dapat memanfaatkan fasilitas Pojok internet.  Fasilitas tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pengguna jasa keimgrasian dengan menyediakan fasilitas seperangkat personal komputer dengan akses internet gratis.

Untuk memudahkan pemohon jasa keimigrasian dalam memperoleh informasi, disediakan fasilitas Anjungan Informasi Layanan Keimigrasian berupa seperangkat personal komputer yang dapat digunakan oleh para pengguna jasa keimigrasian untuk melihat informasi-informasi terkait layanan imigrasi. Selain itu fasilitas ini juga memuat survei layanan yang dapat diisi oleh pengguna jasa keimigrasian dalam memberikan umpan balik terhadap layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo.

Bagi perokok, pada prinsipnya, berdasarkan Pasal 115 ayat (1) huruf f Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, tempat kerja merupakan salah satu Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Terkait hal tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo telah mencanangkan diri sebagai kantor bebas asap rokok. Namun demikian, tidak mudah menghilangkan kebiasaan bagi sebagian orang (baik masyarakat sebagai pengguna jasa keimigrasian atau pegawai kantor imigrasi sendiri) yang mempunyai kebiasaan merokok. Oleh karena itu, larangan merokok yang diterapkan juga harus berimbang dengan penyediaan tempat merokok bagi para perokok.

Di dalam penjelasan Pasal 115 ayat (1) UU Kesehatan tersebut pun diterangkan bahwa khusus bagi tempat kerja, tempat umum dan tempat lainnya dapat menyediakan tempat khusus untuk merokok. Berdasarkan dari ketentuan tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyediakan ruang khusus bagi perokok yang letaknya disamping bangunan utama kantor sehingga aktivitas para perokok tersebut tidak mengganggu mereka yang tidak merokok.

Area Khusus Merokok terletak terpisah dari Gedung utama

 Ruang Layanan Prioritas HAM

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 41 ayat (2) yang mengatur bahwa “Setiap penyandang disabilitas, lanjut usia (lansia), wanita hamil dan anak-anak berhak memperoleh kemudahan dan perlakuan khusus” maka dalam hal memberikan kemudahan, kenyamanan dan perlakuan khusus bagi pengguna layanan keimigrasian yang masuk dalam kelompok tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menyediakan fasilitas Ruang Layanan Prioritas HAM.

Ruang Layanan Prioritas HAM ini diresmikan pada 23 Oktober 2020 oleh Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Budi Sarwono. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dalam upayanya meningkatkan layanan dengan menyediakan Ruang Layanan Prioritas HAM ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Muhamad Irham Anwar menyampaikan komitmen Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dalam meningkatkan kualitas layanannya tak terkecuali bagi para difabel dan penyandang disabilitas.

Menurutnya, Kantor Imigrasi Gorontalo memang merupakan sebuah kantor pemerintahan, namun dalam hal layanan, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan seperti di hotel bintang lima.

Jalan Landai dan Guiding Block

                         

Ruang Tunggu Prioritas HAM

Ruang Layanan Prioritas HAM ini dilengkapi dengan fasilitas jalan landai dan pemandu disabiliatas (guiding block), area bermain anak, yakni suatu area khusus untuk bermain bagi putra-putri para pemohon jasa keimigrasian. Mereka diberikan area tersendiri untuk menikmati masa-masa bermain, ada kegembiraan yang memang sepatutnya anak-anak peroleh sebagai suatu hak asasinya. Selain itu, terdapat juga Fasilitas Ruang Laktasi bagi ibu menyusui dan juga ruang tunggu prioritas yang sangat nyaman.

Ruang Laktasi
Ruang Tunggu Prioritas HAM

PRESTASI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI GORONTALO 2020

Peringkat Kedua Terbaik Kategori Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA)

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo pada Kamis  (05/11) berhasil meraih peringkat kedua terbaik kategori Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) dalam Penganugrahan Treasury Award 2020 DJPb Provinsi Gorontalo yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom. Acara yang mengusung tema Sinergi Pemulihan Ekonomi Nasional di Bumi Hulondalo ini diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Vertikal dan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Provinsi Gorontalo. Puncak acara Penganugrahan Treasury Awards 2020 Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo diisi dengan pemberian penghargaan kepada Satuan Kerja Vertikal dan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang dinilai telah melaksanakan pelaporan dan pengelolaan keuangan negara dengan baik. Terdapat 11 kategori penganugrahan dalam acara Treasury Awards tahun ini.

Predikat Pelayanan Publik Berbasis HAM

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo pada Senin (14/12) berhasil meraih predikat Pelayanan Publik Berbasis HAM pada acara Penyerahan Piagam Penghargaan Predikat Pelayanan Publik Berbasis HAM 2020 di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Gorontalo, yang dilaksanakan secara luring dan daring. Dalam acara yang merupakan bagian dari perayaan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2020 itu, Provinsi Gorontalo dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo layak berbangga. Hal ini dikarenakan 90 persen Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo meraih Predikat Peduli HAM serta 90 persen UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo raih Predikat Layanan Berbasis HAM.

Dari 6 Kabupaten/Kota yang diusulkan, 4 Kab./Kota (Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo, Kab. Pohuwato, dan Kab. Gorontalo Utara) berhasil meraih predikat Peduli HAM dan 1 Kabupaten (Kab. Bone Bolango) meraih predikat Cukup Peduli HAM. Sementara dalam kategori Unit Pelaksana Teknis, dari 7 UPT di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo yang diusulkan, selain Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, terdapat 5 UPT lagi yang berhasil meraih predikat serupa,

Yakni; Lapas Kelas II A Gorontalo, Lapas Kelas II B Boalemo, Lapas Kelas II B Pohuwato, Bapas Kelas II Gorontalo, dan Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo.