Kunjungan Perdana Kakanwil Slamet di Lapas Manokwari dan LPP Manokwari : Petugas dan WBP Tingkatkan Kewasapadaan Di Tengah Pandemi, Yulius Paath : Siap Pak Kakanwil  

0
88
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara di damping Kepala Divisi Pemasyarakatan, Masjuno, dan Kepala Lapas Kelas II B Manokwari Yulius Paath (belakang topi baret biru muda)

Manokwari, NAWACITAPOST –  Dalam postingan akun facebook Humas Divpas Pabar yang diposting kembali di akun pribadi Kalapan Kelas IIB Yulius Paath, Selasa (19/1/2021)  yang bertajuk Kunjungan perdana Kakanwil Kemenkumham Papua Barat dan Kadivpas di Lapas Manokwari.

Baca Juga : Anthonius M. Ayorbaba Putra Serui, Dari Papua Barat Menuju Kanwil Kementerian Hukum Dan Ham Papua   “Pasti Tifa”

Yulius menyebut “Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Bapak Slamet Prihantara di damping Kepala Divisi Pemasyarakatan, Bapak Masjuno, siang tadi (Selasa 19 januari 2021) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari, Bapak Yulius Paath beserta Jajaran, yang diawali dengan laporan petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) yang melaporkan kondisi dan isi pegawai serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara di damping Kepala Lapas Kelas II B Manokwari Yulius Paat,

Selanjutnya rombongan memasuki bagian dalam Lapas dengan di sambut tarian selamat datang, Yosim Pancar oleh WBP Lapas Manokwari berkolaborasi dengan Lapas Perempuan Manokwari.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama KaKanwil bersama Kadiv Pemasyarakatan ke Lapas Manokwari dan Lapas Perempuan. Dalam arahan KaKanwil pada seluruh WBP, beliau menyampaikan mengenai pentingnya upaya dalam melakukan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di dalam Lapas.

Bapak Slamet menyampaikan untuk seluruh Petugas dan WBP agar meningkatkan kewasapadaan di tengah pandemi corona yang sedang melanda indonesia, dengan tetap menerapkan 3M, menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan usai melakukan aktifitas. Selain itu beliau juga mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Slamet Prihantara (tengah )di damping Kepala Divisi Pemasyarakatan, Masjuno (kanan) dan Kepala Lapas Kelas II B Manokwari Yulius Paath (kiri)

 

Usai memberikan arahan, KaKanwil dan Kadiv PAS ditemani Kalapas memonitoring, dapur dimana memeriksa bahan makanan, rasa makanan yang tersaji serta petugas dan WBP yang membantu memasak. Selanjutnya beliau juga mengunjungi Blok Tahanan, Blok WBP serta Blok Wanita yang juga disempatkan dengan bercengkrama serta memberi nasihat, “Selalu jaga kebersihan dan kesehatan apalagi dalam masa wabah virus Corona saat ini, serta jalani hukuman sebaik-baiknya sehingga nanti bebas dapat kembali ke jalan yang benar dan berguna bagi masyarakat.” Pesan Slamet sekaligus nasehat bagi WBP.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Bapak Jevius J. Siathen.

Yulius yang selalu melalukan pendekatan humanis dan selalu menganggap dijajarannya (lapas Manokwari) sebagai sahabatnya tak pernah kehabisan akal dalam melakukan terobosan-terobosan nyata khususnya kepada WBP ditengah situasi pandemi ini. Kegiatan bercocok tanam, kerajinan tangan, serta olah raga dan tentu asupan nutrisi  di stuasi pandemi ini menjadi perhatian bapak berputra dua (yang sudah tumbuh beranjak dewasa).

Mantan Kalapas Manado ini selalu detail, disiplin tentu tegas jangan dipertanyakan lagi dalam mengabdi kepada negara. Penempatan tugasnya di daerah boleh dikatakan rawan  tetap dijalaninya dengan tegak lurus pada aturan yang berlaku.

*DIVPAS KANWIL PABAR, (Speed UP Berprestasi Pemasyarakatan PASTI Bersih Melayani)*