Mendagri: Perlunya Menjaga Iklim Sinergisitas antara Kemendagri-Polri

0
64

Jakarta, NAWACITAPOST  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan perlunya membangun dan melanjutkan iklim hubungan yang baik dan sinergisitas antara Kemendagri dan Polri dalam mengatasi isu nasional. Hal ini dikatakan Mendagri usai menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara DPR RI, Senin, (18/1/2021).

Baca Juga : Soal Calon Kapolri, Mendagri: Pak Sigit Itu Orangnya Cerdas dan Tegas

Mendagri meminta dukungan Polri dalam mengamankan situasi (sengketa) Pilkada yang sudah dilalui beberapa waktu lalu, termasuk situasi keamanan di Sulawesi Tengah terkait terorisme dan situasi di Papua. Kerja sama Polri dan Kemendagri yang saling mendukung sangat diperlukan untuk membantu Presiden Joko Widodo mengatasi masalah pandemi dan menyukseskan program vaksinasi, serta bantuan sosial (Bansos) agar cepat terlaksana dan tepat sasaran.

Selain itu kerja sama antara Polri-Kemendagri dan semua stakeholder juga meliputi pemulihan ekonomi nasional dalam situasi pandemi Covid-19 dan membuka iklim investasi yang baik dan kondusif bagi calon investor, baik dari dalam negeri dan maupun dari luar negeri.

“Saya meminta kepada Pak Kapolri, Insyaallah tidak ada halangan, untuk juga sama-sama membangun iklim itu, jadi jangan sampai terjadi ada yang menghambat iklim investasi,” ujarnya.

Menanggapi pertanyaan awak media terkait calon Kapolri tunggal, Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo, Mendagri mengatakan Sigit merupakan sosok yang memiliki sikap tegas dan siap untuk menjadi Kapolri. Mendagri menilai Sigit memiliki kinerja yang sangat baik selama menjadi Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Banten dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Mabes Polri. Ditambah pengalaman sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang. Meskipun berusia muda tetapi cukup matang pengalaman di kewilayahan atau teritorial.

“Saya kira dengan pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau yang santun, termasuk kemampuan merangkul semua pihak, kemampuan berkomunikasi dengan baik dan beliau sangat tegas sekali, sehingga sekali lagi saya berpandangan Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri. Saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik,” pungkasnya.

(Puspen Kemendagri)