Profil Singkat Putra Putri Nias yang Dikenal Aktif di Berbagai Organisasi

1
927
tradisi lompat batu asal Nias yang dimainkan pemuda atau orang dewasa Nias

Jakarta, NAWACITAPOST – Banyak aktivis yang pada akhirnya berkecimpung di dunia politik atau bahkan masih setia mengabdi di organisasi. Nias Sumatera Utara misalnya, memiliki beberapa putra dan putri yang membanggakan, berikut daftarnya :

1. Marinus Gea 

Marinus Gea merupakan ketua umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia atau HIMNI selama 2 periode sampai 2023. HIMNI Sendiri mempunyai dewan pengurus daerah di 28 provinsi seluruh Indonesia dan di luar negeri serta ratusan DPC di seluruh Indonesia bahkan di Eropa.

Marinus Gea merupakan pembina di Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (Gapindo).

Di karir politiknya, Pria yang mengenyam Pendidikan S2 di mercu buana jurusan akutansi perpajakan ini sekarang menjabat sebagai anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan untuk periode kedua 2019 sampai 2024 dapil Tanggerang raya Banten. Di partainya, Marinus dipercaya sebagai bendahara DPD PDI Perjuangan provinsi Banten tahun 2019 sampai 2024. Ia juga dipercayai sebagai Ketua DPD Taruna Merah putih provinsi banten periode 2017 sampai 2024.

Meskipun Marinus Gea kelahiran nias sumatera utara, namun masyarakat Banten memilihnya karena sosok dan kepeduliannya terhadap warga banten. Di kegiatan religiusnya, ia merupakan salah satu sekretaris dari Yayasan umat Kristen sumatera utara.

2. Otoli Zebua

Dalam organisasi, Otoli Zebua aktif di Himpunan Masyarakat Nias Indonesia dengan menjabat sebagai sekretaris jendral dan organisasi DPD HIPI DKI Jakarta sebagai ketua. Pada karir profesionalnya, ia menjabat sebagai direktur utama PT. Dagra Ifolala Harazaki, direktur utama PT. Media Nawacita Indonesia dan direktur PT. Sumber Berkat Usaha Mandiri.

3. Marinus Nazara

Ia menjabat sebagai wakil bendahara umum di HIMNI, dan bendahara umum di DPP Himpunan Masyarakat Nias Utara. Selain itu Marinus Nazara di karir profesionalnya, bekerja sebagai lawyer. Ia juga menjabat sebagai Owner representatif di Grand Ussu hotel & concention, Direktur operasional di Gababut Motto Garace dan Advocat.

4. Ya’atulo Gulo

Jabatan Ia di HIMNI yaitu dengan menajadi ketua bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan. Dia juga mempunya visi misi yang baik dalam mensejahterahkan masyarakat nias. Saat ini Ia menjabat sebagai Bupati Kabupaten Nias untuk periode 2021-2024.

5. Faigiziduhu Ndruru

Faigiziduhu aktif di organisasi HIMNI dengan menjabat sebagai ketua bidang media, informasi, komunikasi, dan hubungan masyarakat selama 3 periode. Selain itu, Ia memegang jabatan Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi di BPP Gapnindo dan wakil ketua umum bidang komunikasi dan informasi di Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia DKI Jakarta. Pria lulusan sarjana ekonomi ini merupakan komisaris utama PT. Media Nawacita Indonesia yang meliputi Nawacitapost.com, Nawacita TV, Nawacita Awards, Nawacita Survey Indonesia dan Nawacita Institute.

6. Penyabar Nakhe

Pria kelahiran 1970 ini menjabat di HIMNI sebagai ketua bidang seni, budaya dan pariwisata. Selain itu ia juga menjadi anggota Komisi IV DPRD sumatera utara.

7. Be’esokhi Ndruru’

Ia menjabat sebagai wakil sekretaris jendral internal Himpunan Masyarakat Nias Indonesia. Putra Nias yang biasa disapa Kak Bee ini merupakan ketua umum Ono ndruru. Dia juga dikenal sebagai sekjend Forum Nias Selatan atau FORNISEL sekaligus pemerhati Kepulauan Nias. Beesokhi juga merupakan salah satu ketua bidang DPD HIPI DKI Jakarta. Aktif di organisasi, Ia terkenal sangat memerangi narkoba di daerah Nias. Kak Bee juga menjadi pembina di Yayasan Nias yang dikenal dengan kegiatan bansos. Ia juga menjadi CEO Yessindo dan direktur PT. Media Nawacita Indonesia.

8. Mardin Zendrato

Sebagai orang Nias. Pria lima anak ini merupakan jebolan Teknik Sipil Universitas Krisnadwipaya, Jakarta. Selain sebagai Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (Gapnindo), Mardin juga sekretaris umum Gapeksindo DKI Jakarta selama 4 periode. Tak hanya itu, Mardin juga menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola dan Pemeliharaan (Bapepar) Aset BNKP Resort 45 selama dua periode. Dibidang bisnis, ia menduduki jabatan direktur utama PT Lira Permata Cibubur, yang bergerak dibidang konstruksi. Mardin juga berkecimpung sebagai penasehat Himpunan Masyarakat Nias Utara (Himanira) dan masih banyak ormas lainnya. Ia pernah menjabat jadi ketua DPD Himni DKI Jakarta.

9. Jaya Putra Zega

Ia merupakan salah satu Dewan pengurus pusat HIMNI yang menjabat sebagai ketua bidang hukum dan advokasi. Selain itu, Ia aktif di organisasi HIMANIRA sebagai sekretaris. Pria yang berprofesi sebagai advokat itu juga masih aktif menjabat sebagai sekretaris di DPC PDI Perjuangan.

10. Yasoaro Zai

Pria asal Nias ini menjabat sebagai ketua bidang hubungan antar Lembaga dan organisasi, selain itu juga menjabat sebagai Kasubdit Wilayah III Dit. EKPKD Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri.

11. Yaaro Zega

Ia merupakan ketua bidang ekonomi, kewirausahaan dan sumber daya alam di HIMNI. Yaaro zega merupakan seorang pebisnis perhotelan, Ia pernah menjabat sebagai Cluster General Manager Aston Pluit Hotel and Residence. Lalu untuk sekarang Ia berkarir di bidang perhotelan.

12. Sorni Paskah Daeli 

Ia saat ini menajabat sebagai anggota Badan Penelitian dan Pengembangan HIMNI. Ia sering dipercaya menjadi narasumber dalam acara diskusi dan seminar tingkat daerah, dan nasional. Kini Ia juga menjadi ketua umum Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Lahomi Nias Barat. Sorni juga menjabat sebagai kepala biro di kemenko PMK.

13. Ferdinand Aroziduhu Larosa

Ia menjabat sebagai ketua bidang Pendidikan, sumber daya manusia dan tenaga kerja HIMNI, dan ketua bidang di organisasi HIPPI DKI Jakarta. Pria lulusan Universitas Diponegoro ini juga mempunyai karir professional di dunia farmasi dan menjadi Sekjen Gabungan Pengusaha Nias Indonesia.

14. Kosmas Harefa

Ia menjabat sebagai ketua bidang kemaritiman di Himpunan Masyarakat Nias Indonesia. Pria ini juga berada di jajaran kementerian sebagai Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

15. Hadirat Syukur Telaumbanua

Ia merupakan wakil sekretaris jendral eksternal HIMNI. Dalam kehidupan profesional, Hadirat bergabung dalam perusahaan perbankan di Indonesia.

16. Yosefo laoli

Ia menjabat sebagai wakil bendahara umum di Himpunan Masyarakat Nias Indonesia, dan saat ini bergabung di PT. Serijaya Steel group dan pelayanan di Resort 45 sebagai Bendahara.

17. Yosafati Hulu

Ia merupakan orang yang bisa dibilang menduniakan Nias. Alumni jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (1989) dan Magister Manajemen Prasetya Mulya (1998) ini membuat website yaitu Niasisland.com untuk memperkenalkan Pulau Nias sekaligus sarana komunikasi antara warga Nias di dalam pulau dengan mereka yang tinggal di luar pulau.

Ketua umum HIMANIRA ini sekarang berprofesi sebagai wirausaha yang telah membuka lapangan kerja bagi beberapa lulusan SMK dari kepulauan Nias, sekaligus sarana pelatihan dalam melakukan transformasi UMKM ke platform digital dan mengajar di Bidang Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara.

18. Barugamuri Dachi

Merupakan lulusan Universitas Trisakti jurusan Akutansi. Ia berkarir sebagai Corporate Advisor di PT. Alta Solusi Andalan, dan aktif di Universitas Trisakti sebagai Dosen. Ia juga menjabat sebagai sekretaris balitbang DPP HIMNI, wakil ketua umum Forum Nias Selatan, Ketua di Badan Pengurus Pusat Gabungan Pengusaha Nias Indonesia (BPP Gapnindo), Ketua di DPD HIPI DKI Jakarta.

Dalam karirnya, Ia aktif menjadi anggota dewan review mutu di Institut Akuntan Publik Indonesia, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Trisakti, Akutansi Audit Dosen Institut Bisnis Nusantara, Audit Partner Nexia KPS, Executive Board at Kakape.ID, karyanaul.com; FIM Group, dan Pendiri Bravely Foundation bravely.or.id.

19. Wirandarma Harefa

Wiradarma harefa merupakan direktur LBH Himpunan masyarakat nias Indonesia. Pria lulusan sarjana hukum ini juga merupakan seorang pengacara dan mempunyai kantor hukum yang diberi nama Wiradarma Harefa & Partners. Selain itu ia juga menjabat sebagai Badan Bantuan Hukum & Advokasi Rakyat (BBHAR) dan Bidang Advokasi & Monitoring HAM DPP PDIP.

20. Fatmawati Manao

Wanita kelahiran Nias ini merupakan Manajer Cabang di salah satu perusahaan di DKI Jakarta. Ia pernah menjadi wakil bendahara umum di DPP HIMNI, kemudian menjadi pengurus di DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), dan pengurus di DPP Forum Nias Selatan membidangi wakil ketua peranan wanita.

Di dunia religi, Ia dipilih menjadi wakil Sekjen di Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) dan pengurus BPP Gabnindo.

Simak informasi menarik lainnya di Youtube kami !

1 KOMENTAR

  1. Semoga Tuhan memberkati menambahkan roh pengetahuan kekompakan dan kebersamaan kesatuan demi sesama ONO NIHA INDONESIA.
    Para tokoh NONO NIHA hebatttt…. hingga sekarang yang terunggul BPK Y H L tapi blm ada yg signifikan pembangunan infrastruktur yang selagi dlm sistem pemerintahan saat ini.

    Adakah Tokoh Nias yg jabat Menteri dua periode berikutnya??

Comments are closed.