Jakarta, Nawacitapost –  Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj mengimbau kepada seluruh umat Islam yang ada di Indonesia beribadah di rumah selama Ramadan saat penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Yang biasa kita lakukan beramai-ramai di masjid, kita lakukan di rumah,” kata Said dalam acara doa bersama dan pertobatan massal yang digelar PBNU dan disiarkan channel Youtube PBNU pada Kamis malam, 9 April 2020.

Lebih lanjut soal salat tarawih, tadarus, buka bersama, takbir keliling tidak usah dilakukan, menurutnya lebih baik di rumah karena semuanya ibadah.

“Menjaga keselamatan diri dan orang lain juga ibadah, yang merupakan perintah Allah SWT. “Allah berfirman dalam Al-Quran, jangan sekali kali kamu menjerumuskan diri mu sendiri dalam kecelakaan,” ujar dia.

Nabi Muhammad SAW, kata dia, bersabda, jangan menyakiti diri sendiri dan orang lain. “Dari situ lah, maka keselamatan diri kita dan orang lain lebih kita utamakan, ibadah di rumah saja. Seperti kerja dan belajar juga di rumah,” kata Said.

Baca juga :  Polres Cilegon Distribusikan 15 Ton Beras Kepada Masyarakat