Welin Kusuma, Pria Makasar Peraih 32 Gelar Akademik

30
347
Welin Kusuma, Pria Makasar Peraih 32 Gelar Akademik
Welin Kusuma, Pria Makasar Peraih 32 Gelar Akademik

Jakarta, NAWACITA – Welin Kusuma pernah menjadi trending topic beberapa tahun lalu, saat mendapatkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2012. Pria Makasar itu menjadi Peraih Gelar Multi-disiplin Terbanyak (saat itu 18 gelar) dan Pengambil Sistem Kredit Semester (SKS) Terbanyak dalam 1 Semester (111 SKS). (1/9/2019).

Kini, gelar yang dikantonginya sudah bertambah hampir 2 kali lipat.

Welin mengatakan, perjuangannya meraih gelar-gelar ini dimulai sejak 1999. Tepatnya, saat dia menempuh studi di salah satu universitas di Surabaya, Jawa Timur.

“Pertama kali saya kuliah tahun 1999. Waktu itu ambil Jurusan Teknik Industri di Universitas Surabaya,” kata Welin. Total gelar yang didapatkan Welin terdiri dari 11 gelar sarjana, 3 gelar master, dan 18 gelar profesional.

Gelar-gelar itu adalah ST, SE, S.Sos., SH., S.Kom., SS., S.AP, S.Stat., S.Akt, S.IKom., S.IP, M.T., M.SM., M.Kn., RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV, CERA, CSA, ACPA.

Welin menceritakan, dirinya meraih keseluruhan gelar itu dengan cara mengambil beberapa jurusan dalam waktu bersamaan.

“Pada 2001, saya kuliah lagi di jurusan lain. Saya ambil (Jurusan) Manajemen kelas Sabtu dan Minggu,” ujar Welin.

Pada 2002, Welin kembali mengambil beberapa jurusan sekaligus di berbagai universitas.

“Saya ambil Jurusan Hukum di Universitas Airlangga, kemudian Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, dan Administrasi Niaga di Universitas Terbuka,” kata dia.

Setahun kemudian, pria yang tinggal di Surabaya ini, mengambil kuliah Sastra Inggris di Universitas Kristen Petra. Kuliah pertama yang ditempuh di Universitas Surabaya berhasil diselesaikan Welin pada tahun 2004.

“Waktu itu sebelum wisuda (kuliah yang pertama) saya udah ambil S2,” ujar Welin.

“Kuliah sebagai hobi,” kata Welin saat ditanya bagaimana bisa dia “mengoleksi” gelar akademik sebanyak itu.

Welin mengaku, sejak kecil dirinya memang sangat suka belajar. Saat menempuh pendidikan di bangku SMA di Kota Kendari, Welin sudah mengambil sejumlah kursus di luar mata pelajaran yang didapatkannya di sekolah.

“Saya ambil kursus macam-macam. Saya ambil kursus Akuntansi padahal waktu itu saya jurusan IPA. Saya ambil kursus komputer, saya ambil kursus Bahasa Inggris juga,” papar Welin.

Kala SMA itu, Welin tak langsung pulang ke rumah sepulang sekolah. Ia masuk kelas kursus dan baru pulang pada malam harinya.

Kegiatan semasa SMA itu membuat Welin kembali terpacu semangatnya dan yakin bahwa Welin bisa melakukan kegiatan perkuliahan secara bersamaan. Welin juga membuktikan dengan keberhasilannya yang hingga saat ini berhasil meraih 32 gelar akademik (kmpc).

“Kuliah itu hobi saya. Benar-benar saya merasakan kuliah itu tidak menjadi beban, malah menjadi kesenangan. Saya setiap kuliah selalu datatng kalau tidak ada halangan,” ujar dia.

Bahkan, saat ini, Welin tengah menempuh kuliah dengan mengambil program studi Matematika di salah satu universitas terbuka di Surabaya.

“Rencana semester ini bisa lulus,” papar dia.

Otomatis, jika dinyatakan lulus, gelar yang diraih Welin akan kembali bertambah.

Menurut dia, tak ada satu pun yang tidak bisa diraih selama ada usaha di dalamnya.

“Bagi saya jangan pernah menyerah, tidak ada hal yang tidak mungkin,” kata Welin.

 

Comments are closed.