Taruna AAL Ikuti Apel Pembentukan Satgastar Latsitardanus XLI Akademi TNI-Akpol

0
62

Semarang NAWACITAPOST – Sebanyak 101 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-66, menjelang diberangkatkan menuju sasaran di Kabupaten Langkat dan Kota Binjai, Sumatera Utara, mengikuti Apel Pembentukan Satuan Tugas Taruna (Satgastar) pada Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI 2021 di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/3).

Apel Pembentukan Satgastar Latsitardanus XLI Akademi TNI-Akpol dipimpin Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Akademi TNI, Marsda TNI Sri Pulung D., S.E., MMgt Stud., C.Fr.A. dan selaku Komandan Apel Wadansatgaslat yang juga Wadanmen AAL, Letkol Marinir Didik Iwan S., S.E., M. Tr. Hanla., M.M.

Tampak hadir Gubernur Akmil beserta staf, Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman, M.Tr.Opsla, Dirdik AAU, Danwingtar AAU, Kalemdiklatpol, Gubernur Akpol beserta staf, Danlanal Semarang, Wakil Walikota Semarang dan pejabat Forkopimda Kota Semarang lainnya.

Hadir juga Dansatgaslat Latsitardanus XLI, Wadansatgaslat, Dansatlak-1/ Macan beserta Staflak, Dansatlak-2/ Hiu beserta Staflak, Dansatlak-3/ Elang beserta Staflak dan Dansatlak-4/ Kijang beserta Staflak.

Sementara itu peserta apel terdiri dari Pleton Kelompok Pembina Perwira Gabungan TNI – Polri, 1 Kompi Satlat-1/ Macan, 1 Kompi Satlat-2/ Hiu, 1 Kompi Satlat-3/ Elang dan 1 Kompi Satlat-4/ Kijang.

Menurut Danjen Akademi TNI, Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Wadanjen Akademi TNI mengatakan bahwa Latsitarda Nusantara merupakan realisasi kurikulum pendidikan integratif Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tingkat akhir sebelum menyelesaikan tugas pendidikan di akademi masing-masing.
Latihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Taruna sebagai kader pemimpin di masa depan dalam menyongsong tugas di masa datang, dengan menanamkan dan menumbuhkembangkan mentalitas kejuangan dan cinta tanah air, serta jiwa dan semangat integrasi, sebagai upaya membangun soliditas TNI-Polri, sekaligus untuk memupuk sinergitas serta kemanunggalan bersama TNI dan Polri dengan komponen masyarakat di daerah.

Latihan pada tahun ini dilaksanakan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di kabupaten Binjai/Langkat, kota Medan, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Deli Serdang serta kota Tebingtinggi, dimana Taruna dapat mengenal adat istiadat serta menjunjung tinggi kearifan lokal setempat, sebagai wujud rasa cinta tanah air berikut keberagaman budaya setempat.

Satgas yang dibentuk ini lanjutnya, akan dipimpin oleh Danwing AAU, Kolonel Pnb Ardi Syahri, S.T., M.M., M.MA. sebagai Dansatgas, yang membawahi empat satuan pelaksana, yaitu Satlak 1/Macan,Satlak 2/ Hiu,Satlak 3/Elang, dan Satlak 4/Kijang.

Satlak-satlak ini merupakan integrasi dari Taruna Akmil, AAL, AAU dan Akpol, serta mahasiswa di wilayah Provinsi Sumatera Utara, dengan kekuatan sejumlah 702 orang Taruna, yang terdiri dari 227 orang Taruna Akmil, 101 orang Taruna AAL, 91 orang Taruna AAU, 283 orang Taruna Akpol dan 100 orang mahasiswa, yang nanti akan bergabung di daerah sasaran. (BNW)