Presiden Jokowi Serahkan Satu Nama, Komjen Listyo Sigit Prabowo Ke DPR

0
469
Calon Kuat Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang pernah jadi ajudan Presiden Jokowi

Jakarta, NAWACITAPOST –  Ketua DPR RI  2019 -2024 Puan Maharani hanya menerima satu nama Calon Kapolri dari Presiden Jokowi.  Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) dengan jabatan saat ini Kepala Badan Resort dan Kriminila (Bareskrim) Polri.

Baca Juga : Calon Kapolri, Kompolnas Usulkan 5 Nama Ke Jokowi, Masyarakat Inginkan Lisytyo Sigit Prabowo

Nama Sigit tak serta merta dari kantong Jokowi, Melainkan satu dari lima nama yang diusulkan Kompolnas ke Jokowi. Syaratnya, memang harus jenderal bintang 3 aktif.

Terkait nama Sigit ke Ketua DPR. Pengajuan nama Calon Kapolri (satu nama)  berkop surat Presiden dengan tanda tangan Jokowi.

Memang santer terdengar kabar  dan digadang-gadang nama Sigit menguat, dan semakin menguat, ketika ayah Gibran Rakabuming Raka merombak (reshuffle) Kabinet, pada Selasa 22 Desember 2021. Tiga dari enam nama adalah pintu masuk nama Sigit.  Mensos Tri Rismaharani (PDIP), Menteri Agama Gus Yaqut (PKB) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Gerindra). Sinyalnya menguat sebagai calon Tribata Satu.

Jaminan 3 Partai itu ditambah partai koalisi lainnya (Golkar, Nasdem dan PPP). Membuat Suami dari Juliati Sapta Dewi Magdalena sinyalnya di parlemen memperkokoh dan semakin bersinar dan tetap berwarna hijau (jalan terus).

Bahkan suara PKB di DPR  (Jazilul Fawaid) atas seijin dan instruksi dari Muhaimin terdengar nyaring nama Sigit sebagai Calon Kapolri.  Selain pernah jadi ajudan Presiden Jokowi. Sederet prestasi pernah diraihnya. Penangkapan buronan kelas kakap belasan tahun Joko Tjandra, dan berhasil meredam gejolak masyarakat yang dirinya sempat ditolak jadi Kapolda Banten, karena berbeda agama, namun  dengan  pendekatan humanis, hal itu bisa dilalui dan diatasi.

Ayah dari Cornelius Krishna Satya Patria Wardhana akan mengikuti Fit and Proper Test di Komisi III DPR. Setelah itu dilalui, kunjungan ke rumah pribadi calon Kapolri. Kedua langkah itu tetap mengikuti protokol kesehatan ketat.

Pria kelahiran Ambon 5 Mei 1969 ini, sudah diserahkan namanya oleh Presiden Jokowi ke Ketua DPR Puan Maharani, dan Senin atau Selasa (18-19 Januari 2021) dibahas resmi di Komisi III DPR RI.

Bisa dipastikan, Komjen LSP  (Akpol 1991) jadi calon kuat Kapolri tanpa hambatan berarti baik di internal maupun eksternal Polri.

Tenang, tegas, jujur, cepat bertindak dengan hitungan cermat dan matang membuat namanya disegani lawan maupun kawan.