foto ; Kompas TV

Jakarta, NAWACITAPOST –  Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap pesawat Sriwijaya Air SJ 182.  Presiden sudah memerintahkan Panglima TN, Kapolri, Menhub, dan Basarnas untuk segera mencari dan menemukan  pesawat itu, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga : Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Ada 6 Awak dan 56 Penumpang

Jokowi menginstrusikan agar diberikan pelayanan SAR yang maksimal dibawah koordinasi Basarnas pusat.

Langkah Basarnas sudah melakukan pencarian dengan unsur udara u dibantu TNI AU, yaitu 4 pesawat udara Heli dari Basarnas dan heli AU. Sementara pencarian di permukaan Air telah dibantu dari TNI AL. Sedangkan pencarian di dalam air, melakukan deteksi dibawah air.

Operasi ini adalah  Operasi Gabungan yang melibatkan berbagai stakeholder.
Hasil terakhir sudah ditemukan beberapa puing dari pesawat SJ 182. Sementara belum ada info terkait penemuan korban.

Namun tim DVI dibawah kendali Mabes Polri sudah membuka posko di Pelabuhan Tanjungpriok, Pontianak dan RS Polri Kramatjati.

Tim DVI Polda Kalbar,  Sampai saat ini telah berjalan 2 hari sdh ada 14 Org yg di wawancarai dan 10 org sudah diambil Sample DNA.
Untuk keluar daerah lain yang tidak bisa diambil  sample DNA di pontianak akan di ambil di daerah-daerah lain (sesuai dengan tempat tinggal keluarga korban)…

Sementara itu pihak Sriwijaya Air telah memberangkatkan keluarga ke Jakarta, dari Pontianka, Sumatera Selatan , Bali dan daerha lainnya, termasuk tiket pesawat dan penginapan di hotel di tanggung Sriwijaya Air. Fasilitas transportasi dan akomodasi dari penginapan  Hotek di Jakarta ke RS Polri Kramat Jati dan Posko Pelbuhan Tanjungpriok, sudah disiapkan pihak Sriwijaya Air.

PT Angkasa Pura 2  sudah melakukan langkah-langkah nyata terkait SJ 182,  dengan  mensupport semua proses yang berjalan sampai semua proses pencarian,  terhadap pesawat tersebut.

Baca juga :  Novel Baswedan Biang Kerok 542 Pegawai KPK Berontak

Selanjutnya Kepala Cabang PT Jasa Raharja kalbar yang merupakan asuransi tentang transportasi resmi yang diakui negara akan memenuhi hak-hak penumpang SJ 182 akan diberikan dan dipenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku sebagaimana mestinya.

Semua Proses dan Kegiatan di dalam Gedung Crisis Center ini tetap menerapkan Protokol kesehatan dalam rangka meminimalisir Covid 19.

Sementara itu pencarian pesawat SJ 182 akan dilakukan  besok pagi  (Senin, 11 Januari 2021) dibawah kendali utama Basarnas Pusat, dengan titik koordinat jatuhnya pesawat  di sekitar pulau Lacang  kepulauan Seribu.