Pembangkangan Gatot Nurmantyo Bisa Berujung Pada Hukum

0
496

Jakarta, NAWACITAPOST – Saat menjadi Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (GN) sudah mulai melakukan pembangkangan. Seperti, pemutaran film pengkhianatan G 30 S PKI dengan cara-cara tidak patut kepada Presiden Jokowi.  Pemutaran film itu terlaksana. di Korem  Suryakencana, Bogor September 2017. Padahal, Jokowi tak melarang film itu diputar.  

Baca Juga : Mahfud MD Mempersilakan Demokrat Laporkan Penuduh SBY Dalang Demo UU Ciptaker

PEMBANGKANGAN semakin kerap dilakukan. Usai dirinya lengser dari Panglima. Pendeklarasian KAMI di Jakarta, dan tempat lainnya adalah bukti bahwa Gatot getol melakukan perlawanan. Kritik tanpa data, dan mendukung demo menolak Omnibus Law sebagai cara GN bergerilya politik demi birahi kekuasaannya yang ingin disalurkan. Sekalipun diciptakan secara inkostitusioanal.

Dia ini kaya raya dan dekat dengan pengusaha besar Tommy Winata. Banyak yang bilang, Gatot adalah pejabat TNI yang ketika menjabat memuluskan pemenangan proyek pengadaan barang TNI ke tangan Tommy dan dikabarkan pula kekayaan Gatot selama ini dikelola di Bank Artha Graha milik Tommy jumlahnya triliunan rupiah. Selain itu Gatot dikenal dekat dengan keluarga Cendana dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun terakhir dia juga terkesan akrab dengan kelompok-kelompok islam radikal, seperti gerakan 212 dan Front Pembela Islam.

Presiden Jokowi memberhentikannya dari posisi panglima TNI. Terkait dengan UU Cipta Kerja, dia juga sejak awal Oktober lalu sudah menyatakan mendukung aksi penolakan UU Cipta Kerja.

Namun, pembangkangan dirinya itu perlahan mulai redup dan padam. Ketika beberapa aktivis KAMI ditangkap dan ditahan Polisi. Yang terjadi malah perlawanan dari kubu KAMI, Eggy Sudjana mempertanyakan diamnya Gatot tentang banyaknya aktivis KAMI yang ditahan.

Atau bisa saja aparat kepolisian melalui intelejennya melemahkan Gatot dengan menangkap dan menahan aktivis KAMI. Apalagi bukti-bukti mereka sampai ditangkap dan ditahan. Sudah ada di tim cyberkrim Mabes Polri. Jadi apakah selanjutnya GN bisa dijerat hukum atau tidak? Tinggal tergantung penyidik kepolisian. Bisa ya, bisa juga tidak.