Pasukan Elit Gabungan TNI Diresmikan Panglima TNI Marsekal Hadi, Komandonya Presiden 

0
626
Diresmikan Panglima TNI Marsekal hadi Tjahjanto, Koopssus adalah Pasukan Elit Gabungan TNI Dibawah Komando Presiden

Jakarta,NAWACITAPOST- Kekuatan suatu bangsa adalah bersatunya elemen anak bangsa dari berbagai suku, golongan, agama, dan antar golongan. Apalagi bagi TNI, kekuatan tiga matra (darat, laut dan udara) ditambah dengan kepolisian. Energi kekuatan suatu bangsa menjadi semakin kuat.

Baca Juga : Panglima TNI Anugerahi Tiga Bintang Utama ke Kapolri

ITULAH yang dilakukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto si ‘otak setan’ yang fasih berbahasa Perancis. Meresmikan pasukan elit milik TNI yang berada dibawah komando Presiden.

Pasukan itu melibatkan sejumlah kesatuan  yang terdiri dari pleton Satkorsik Denma Mabes TNI sebanyak 31 orang, tiga pleton Koopssus TNI, tiga Pleton Kopassus TNI AD, tiga pleton Marinir TNI AL, tiga pleton Paskhas TNI AU, dan tiga pleton Taipur Kostrad TNI AD.

Alutsista yang dikerahkan dalam upacara tersebut yakni 1 unit ATAV, 2 unit Sea Rider, 2 unit Rantis Serbu, 1 unit Mars Tangga dan 1 unit P2 Komando.

Peresmian Koopssus TNI juga dimeriahkan dengan Demontrasi Free Fall yang dilaksanakan dengan dua Run. Run Pertama dilaksanakan oleh enam peterjun dengan payung military dan perlengkapan IPP set pasukan khusus. Run Kedua dilaksanakan oleh penerjun dengan membawa enam bendera lambang-lambang Angkatan yaitu Bendera TNI AD Kartika Eka Paksi, Bendera TNI AL Jalesveva Jayamahe, Bendera TNI AU Tri Dharma Eka Karma, Bendera Koopssus TNI Tricakti Adikari dan Bendera Merah Putih.

Itulah sosok Marsekal Hadi. Walaupun pasukan elit TNI hasil dari buah pemikirannya bersama Jenderal dari berbagai matra. Pasukan elit ini tidak berada bawah panglima TNI melainkan langsung dibawah komando Presiden. Pasukan elit tidak membawa kecemburuan bagi pasukan khusus di 3 matra tersebut. Malahan Kopasus, Marinir,  Paskhas, dan Kostrad tetap bergerak sesuai Tupoksinya. Itulah Marsekal Hadi, bergerak dengan diam dan mampu bekerjasama dengan  3 matra dan kepolisian. Lebih penting dari itu, Panglima TNI ini rendah hati dan loyaitas dalam tugas selalu menjalankan dengan penuh tanggung jawab didasari pada konstitusi yang berlaku.