Gatot Nurmantyo Pensiunan Jenderal Lebih Kaya Dari Prabowo Subianto 

0
524

Jakarta, NAWACITAPOSTPrabowo Subianto boleh sebagai Cawapres 2009, dan Capres 2014, dan 2019. Saat ini menjabat Menteri Pertahanan (2019 -2024). Soal penghasilan kekayaan masih kalah dengan Gatot Nurmantyo. Gatot luas rumah dan tanahnya saja 6 hektar dengan harga 110 -112 miliar rupiah, di daerah Sentul, Kabupaten Bogor. Sementara Prabowo luas rumah dan tanahnya  4,8 hektar, ditempati sejak 2001. Kisaran rumahnya mendekati 41 miliar rupiah lebih, karena berada di daerah Hambalang yang struktur tanahnya tidak sebagus di daerah Sentul tempat tinggal Gatot.

PADAHAL usai tak menjabat Panglima TNI pada 2017, Gatot melaporkan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK jumlahnya mendekati 27 miliar. Lulus Akmil 1982 dan berdinas di tentara selam 36 tahun. Dan, berdasar Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 2015 Gaji pokoknya 5.930.800 rupiah. Pernah menjadi ajudan Jenderal TNI (Anumerta) Edy Sudrajat. Kemudian melalui bosnya itu dikenalkan dengan Tommy Winata (TW) yang saat ini menjadi salah satu orang terkaya Indonesia. Tahun 1997,  Gatot dipercaya TW sebagai Sekretaris Komisaris Bank Artha Graha (AG). Bank AG inilah  yang akan mengakuisi Bank Arta Prima (AP). Kemudian Bank AP berubah nama menjadi Bank Pratama.

Selanjutnya, pasca reformasi jabatan Pangkostrad, dan KSAD pernah dijabatnya. Saat bertugas sebagai Panglima TNI. Alusista  TNI dengan anggaran lebih dari puluhan triliunan rupiah  pernah dikelolanya.

Rupanya kerikil alusista berupa pembelian helikopter Augusta Westland (AW) – 101 Milik TNI AU yang dianggarkan 738  miliar dan negara ruginya 220 miliar.Kemudian mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Agus Supriatna menyinggung mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dalam mencuatnya kasus dugaan korupsi  pembelian helikopter AW tersebut, seperti dilansir CNN Indonesia, 6 Juni 2018.

Agus menyebut pembelian Heli AW-101 ini dicap sebagai kasus dugaan korupsi oleh seorang ‘pembuat masalah’. Namun, sayangnya pensiunan perwira tinggi dari matra udara itu tak menyebut siapa yang dirinya maksud sebagai pembuat masalah dalam mencuatnya kasus pembelian Heli AW-101.

Kekayaan Gatot lebih kaya dari Prabowo. Disampaikan Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zein pada 8 Maret 2018 seperti dilansir detik.com, yang juga teman baik dan dekat dengan Prabowo, bahwa harta Prabowo berdasarkan pada LHKPN tahun 2014 berjumlah 1,67 triliun rupiah dan 7,6 Juta Dolar Amerika atau mendekati 2 Triliun. Berarti kalau ucapan Kivlan betul, harta Gatot lebih dari 2 triliun.  Namun, ketika media menanyakan soal kekayaannya kepada Gatot. Gatot hanya menjawab Alhamdulilah.  Tidak menggelengkan kepala, mengangguk pun hanya sebentar, lebih banyak diam dan tersenyum, yang terpancar dari raut Gatot.

Kalau benar kekayaan Gatot lebih dari 2 triliun rupiah. Layakah, Pantaskah dan Patutkah? Pensiunan Jenderal TNI memiliki harta sebesar itu?