Semangat Kebangsaan, Satgas Yonif 125 Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Warga Perbatasan

0
63

Papua, NAWACITAPOST – Dalam upaya menumbuhkan dan menggelorakan semangat kebangsaan di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif 125/Si’mbisa membagikan bendera merah putih bagi masyarakat Sota dan Toray.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (1/8/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pembagian bendera merah putih kepada warga di wilayah perbatasan ini dilaksanakan pada Jumat (31/7/2020) dipimpin Wadan Satgas Yonif 125/Si’mbisa, Kapten Inf Hendri Sihombing bersama beberapa personel Satgas.

“Jelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, kita membagikan bendera merah putih di Kampung Sota dan Toray, sekaligus menanamkan semangat patriotisme dan cinta tanah air warga yang tinggal di wilayah perbatasan,” ujarnya.

BACA JUGA : Mahfud MD : Hukuman Djoko Tjandra Harus Lebih Lama, Jangan Cuman 2 Tahun

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pendekatan Satgas terhadap masyarakat untuk menanamkan rasa cinta tanah air sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih.

“Pembagian bendera merah putih untuk warga Kampung Sota dilaksanakan di halaman rumah Kasi Pemerintahan Sota, Urbanus (43) langsung dipimpin Wadan Satgas Yonif 125/Si’mbisa,” jelasnya.

“Sedangkan untuk Kampung Toray, pembagian bendera merah putih dan pakaian layak pakai melibatkan enam personel Satgas dari Pos Toray dipimpin Serda Frans Tarigan dengan cara mendatangi langsung rumah-rumah warga, “sambung Anjuanda.

Lanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini selain untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Satgas juga mengajak masyarakat untuk menghayati pentingnya arti kemerdekaan, sekaligus menjadi motivasi untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh rakyat Indonesia, termasuk warga perbatasan dapat memaknai nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan, sehingga bisa mengisi kemerdekaan dengan karya nyata dan kreativitas yang positif dalam membangun bangsa,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Urbanus mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas kepeduliannya yang telah membagikan bendera merah putih kepada warganya.

“Kegiatan yang dilakukan Bapak TNI, sungguh membanggakan sekaligus menggelorakan semangat kebangsaan warga perbatasan,” urainya.

BACA JUGA : Panglima TNI Pimpin Sertijab Strategis Di lingkungan Mabes TNI

Sementara itu, salah satu Ketua RT Kampung Toray, Sepnat Kabarjay (56) juga sangat bersyukur atas pembagian bendera merah putih dan baju layak pakai kepada warganya.

“Kami akan memasang bendera merah putih di depan rumah kami, sekaligus menunjukkan bahwa warga di wilayah perbatasan ini bangga menjadi bagian dari Republik Indonesia, “tuturnya di hadapan warga.