Tanggul Cipendawa Bekasi Segera Diperbaiki

0
39

Bekasi NAWACITA – Sudah hampir dua tahun tanggul kali di jalan baru Cipendawa Bojong Menteng, Rawalumbu Kota Bekasi rusak dan belum juga ada perbaikan. Rusaknya tanggul sejak runtuh pada Februari 2017 lalu tersebut mejadi penyumbang besar kemacetan di jalan penghubung dari jalan Raya Narogong menuju Jatiasih. Pasalnya, badan jalan dari arah Cipendawa menuju ke Jatiasih itu tergerus sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Jalur Cipendawa ini merupakan jalur padat kendaraan setelah Jalan Raya Jatiasih dilebarkan, serta adanya penambahan satu jembatan di atas Kali Bekasi. Akses ini juga dipakai oleh truk sampah DKI Jakarta menuju ke TPST Bantargebang.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kota Bekasi, Yudianto mengungkapkan, tidak kunjung diperbaikinya tanggul di Jalan Cipendawa yang rusak parah sejak Februari 2017, karena bukan kewenangannya. Selain itu, kata dia, pihaknya juga tidak memiliki anggaran cukup untuk melakukan perbaikan itu.

“Pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak, karena kewenangan penanganan Kali Bekasi berada di BBWSCC di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kalau pun dilimpahkan kepada pemerintah daerah, kami tak memiliki anggaran yang cukup,” ujar Yudianto di Bekasi, Kamis (13/12).

Namun dikatakan Yudi, tahun 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane sebagai penanggungjawab Kali Bekasi berencana akan melalukan perbaikan tanggul yang ambrol di Jalan Raya Cipendawa, Kelurahan Bojong Mengeng, Rawalumbu.

“Iya rencana perbaikan tanggul Cipendawa dilakukan di tahun 2019,” kata Yudi.

Yudi menjelaskan tanggul itu ambrol akibat diterjang arus deras ketika debit sungai meningkat.

“Jadi memang perbaikan itu harus segera dilakukan. Intensitas hujan cukup tinggi, jika lama dibiarkan bakal semakin menggerus badan jalan dan rumah warga,” ungkapnya.

Sementara Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) sebagai Kali Bekasi tanggul dan jalan ambrol itu bakal segera diperbaiki pada tahun 2019 setelah mendapatkan anggaran Rp 15 miliar.

“Jalan Cipendawa tahun depan 2019 kita perbaiki. Kemarin-kemarin kita tidak bisa segera perbaiki karena anggaran terbatas dan melihat skala prioritas,” ujar Kepala BBWSCC Bambang Hidayah.

Bambang menjelaskan Kali Bekasi yang memiliki 115,1 kilometer ada sejumlah titik tanggul yang perlu diperbaiki. Pihaknya memilih skala prioritas dalam perbaikannya.

“Kita prioritaskan tanggul yang bebatasan langsung dengan pemukiman warga. Seperti di SD Pekayon Jaya sama tebing Kemang Pramata, untuk tahun 2019 kita akan kerjakan di Cipendawa,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan