Sukses Terapkan Kesetaraan Gender, Kemendagri Raih Anugrah Parahita Ekapraya

0
25

Jakarta NAWACITA –Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerima Anugrah Parahita Ekapraya Kategori Utama. Penyerahan dilakukan di Kantor Wapres RI, Rabu 19/12).

Jusuf Kalla menilai, Kemendagri telah berhasil dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan secara berkesinambungan.

“Kemendagri telah melakukan berbagai langkah antara lain pengintegrasian isu gender ke dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan”, kata Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu (19/12

Anugrah Parahita Ekapraya adalah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi dari Pemerintah atas komitmen Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui Pengarus-Utamaan Gender (PUG).

Sistem penilaian sampai mendapatkan penghargaannya pun dilakukan secara independen dengan menggunakan 7 prasyarat PUG sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam pembangunan Nasional.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen untuk terus meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses pengambilan kebijakan.

“Kita harus mendukung keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan kebijakan. Peranan perempuan saat ini telah berubah seiring dengan perkembangan pendidikan dan teknologi”, jelas Tjahjo.

Komitmen Kemendagri tersebut didorong oleh semangat Pemerintahan Bapak Jokowi dan Jusuf Kalla untuk memperbanyak jumlah perempuan yang berkiprah di kancah nasional, seperti halnya Menteri. Kemendagri pun mengajak daerah untuk ikut mendukung program tersebut sesuai saran dari Bapak Wapres sebelumnya.

“Kepala seluruh Kepala Daerah saya ingatkan, bahwa Bapak Wapres RI telah berpesan untuk mengatur dengan baik peranan perempuan. Mari kita dukung bersama langkah baik tersebut”, tutup Tjahjo.

Tinggalkan Balasan