Pulau Nias Kembali Menyelenggarakan Ya’ahowu Nias Festival 2019, dengan Tema “Nias Is Truly Island”

0
419
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meresmikan Ya'ahowu Nias Festival 2019 di Gedung Sapta Pesona

Jakarta, NAWACITA- Pulau Nias kembali menyelenggarakan Ya’ahowu Nias Festival, sebuah festival kebudayaan tahunan yang memasuki tahun keempat. Kali ini, Ya’ahowu Nias Festival 2019 mengusung tema Nias Is Truly Island yang memamerkan penampilan-penampilan kebudayaan khas kepulauan Nias.

Di tahun ini, festival kebudayaan tersebut diadakan di Lapangan Merdeka, Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara, mulai 16-20 November 2019.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely mengatakan, Ya’ahowu Nias Festival akan lebih semarak lagi dalam menyuguhkan penampilan kebudayaan di Nias. Ini juga sebagai upaya Nias untuk mendatangkan turis asing dan Nusantara untuk menikmati destinasi, kuliner, serta kebudayaan di Nias.

Hal tersebut diketahui saat launching Ya’ahowu Nias Festival yang diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari iNews Kamis (18/7).

“Tahun ini kita menggali kebudayaan-kebudayaan yang potensial, kita gali lagi supaya tidak usang. Kita juga mengenalkan tarian-tarian khas dari Pulau Nias dan rumah-rumah adat, biar tidak punah,” kata Faduhusi Daely di acara launching Ya’ahowu Nias Festival di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (18/7).

Salah satu tarian tradisional asal Nias yang akan diperkenalkan adalah tari mayo atau tari elang, yang menjadi kesenian tradisional khas daerah tersebut. “Tahun ini ada tari-tarian, tarian kolosal 1.000 orang,” kata dia.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pariwisata Noviendi Makalam mengatakan, Nias memiliki potensi destinasi kelas dunia dengan pesona panorama hingga atraksi kebudayaan.

“Kami dari Kemenpar menyambut baik acara ini sejak 2016. Kami yakin bahwa Nias Festival ini terus berlangsung di tahun-tahun ke depan. Festival ini juga dapat memperkenalkan potensi Pulau Nias yang memiliki wisata keberagaman tradisi dan budaya untuk lebih dikenal dalam dan luar negeri,” kata Noviendi Makalam di kesempatan yang sama.

Dia berharap, adanya Ya’ahowu Nias Festival ini dapat menggaet turis lokal maupun mancanegara untuk memperkenalkan kebudayaan, destinasi, serta pesona lainnya di Pulau Nias. Terutama di Nias Barat yang menjadi tuan rumah dalam perhelatan tahunan ini.

 

Tinggalkan Balasan