Program Pelalawan Sehat Bupati H.M.Harris Nyata Manfaatnya Mencegah Pandemi Covid-19

PELALAWAN, Nawacitapost.com- Sipa sangka program pola hidup sehat masyarakat yang direalisasikan oleh Bupati Kabupaten Pelalawan sejak tahun 2010 silam. kini program itu sudah menunjukkan guna manfaatnya ditengah pandemi covid-19.

Satu (1) diantara tujuh (7) Program Strategis Bupati H.Muhammad Harris yang telah direalisasikan sejak tahun 2010 silam dan kini program tersebut sudah mulai menunjukkan tujuan guna manfaatnya tengah-tengah masyarakat kabupaten pelalawan.

Adapun masing-masing 7 (tujuh) program strategis andalan Bupati H.M.Harris ini sejak memimpin daerah kabupaten pelalawan selama 2 periode hingga saat ini. Antara lain:

  • Program Pelalawan Sehat (PPS).
  • Program Pelalawan Cerdas (PPC)
  • Program Pelalawan Terang (PPT).
  • Program Pelalawan Lancar (PPL).
  • Program Percepatan Pembangunan Insfrastruktur Desa (PPID).
  • Program Pelalawan Makmur (Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan).
  • Pelalawan Eksotik Pengembangan Obyek Wisata Bono dan, Pelalawan Inovatif (Pembangunan Kawasan Teknopolitan Pelalawan).

Apresiasi terhadap salah 1 (satu) diantara 7 (tujuh) program strategis ini, telah berhasil menunjukkan secara nyata guna manfaatnya ditengah wabah pandemi Covid19 yaitu Program Pelalawan Sehat (PPS).

Program Pelalawan Sehat (PPS) ini, suatu bentuk kepedulian pemerintah tentang pentingnya kesehatan jasmani masyarakat. Sebab, hidup sehat akan menimalisir berbagai ancaman penyakit seperti malaria (DBD) dan penyakit wabah lainnya seperti coronavirus Covid-19 yang kini mengancam kehidupan makhluk hidup di dunia.

Program Pelalawan Sehat Bupati H.M.Harris sudah terbukti arti manfaatnya dalam menghadapi berbagai penyakit karena pola hidup sehat itu sangat penting dalam menangkal berbagai wabah penyakit.

Kesehatan Fisik, jauh sebelumnya Pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan telah menerapkan melalui realisasi Program Pelalawan Sehat.

“Program Pelalawan Sehat H.M.Harris sangat membantu pencegahan berbagai penyebaran penyakit yang membahayakan jiwa seperti wabah Flu Burung, Flu Babi dan berbagai wabah lainnya seperti Coronavirus Desease Covid-19 yang kini sedang mengancam sendi-sendi kehidupan manusia, baik secara Ekonomi dan terlebih ancaman kematian bagi yang terjangkit virus ini.

Saat ini, dunia tengah dicekam oleh ancaman wabah Coronavirus Disease 2019. Tidak main-main wabah virus yang mematikan ini membuat dunia khawatir dengan banyaknya nyawa terenggut. Bahkan seluruh negara termasuk Republik Indonesia (RI) hingga daerah Provinsi, Kabupaten/kota sampi tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan, RT-RW dan Kaling digoncang oleh virus ini yang dampaknya pada ekonomi dunia.

Virus Covid-19, kini menjadi atensi dunia untuk pencegahan penyebarannya. Bahkan pemerintah daerah kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Pelalawan sedang melakukan berbagai hal pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.

Menyikapi pandemi covid-19 ini. Bupati H.M.Harris terus dan terus oeduli dengan masyarakat dengan selalu menghimbau dan menyarankan seluruh masyarakatnya agar anjuran pemerintah dapat dituruti masyarakatnya untuk berdiam dirumah.

Kepada media ini Bupati Harris diruang kerjanya, Jumat (17/4/2020) menyebutkan. Upaya antisipasi pencegahan penyebaran virus ini adalah dengan penerapan Social Distancing (Pembatasan Sosial) sebagai anjuran dan himbauan untuk jaga jarak aman, Rajin cuci tangan dengan memakai sabun, Menggunakan masker, Hindari keramaian, Menggunakan etika batuk dan bersin yang benar dengan menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih dan lain sebagainya.

Dalam penjelasan Bupati Harris, menyampaikan di beberapa wilayah di Indonesia telah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Intinya, sebagian besar upaya yang diterapkan adalah merujuk pada pola hidup yang sehat,” kata Harris.

Siapa sangka, pada keterangan Bupati 2 perioden ini bahwa di Kabupaten Pelalawan jauh-jauh hari sebelumnya, telah memiliki program unggulan yang merujuk pada pola hidup sehat. Program ini diterapkan pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati HM.Harris. Program tersebut adalah Program Pelalawan Sehat (PPS) yang juga menjadi inovasi menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera).

“Benar. Program Pelalawan Sehat ini, mulai dicanangkan sejak tahun 2010. Tujuannya sebagai upaya pemerintah dalam menciptakan kondisi sehat di daerah Kabupaten Pelalawan yang dimulai dari sehat lingkungan dan kemudian mewujudkan sehat individual penduduk. Gerakan Pelalawan Sehat ini diselenggarakan dengan memperkuat prakarsa masyarakat dan menghidupkan kembali budaya gotong royong dalam membersihkan lingkungan pemukiman,” ungkapnya.

Program gotong royong di setiap Kecamatan yang diprakarsai Pemdakab ini telah memberikan dampak positif bagi penyadaran pentingnya menjaga lingkungan sehat dan menciptakan pola hidup sehat. Pada sisi kesehatan individual, Pemdakab Pelalawan terus meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan serta memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin yang memperkuat program kesehatan nasional.

Pelalawan Sehat ini berdampak pada berkurangnya angka sakit, berkurangnya endemi penyakit menular, dan meningkatnya umur harapan hidup masyarakat dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Program Pelalawan Sehat (PPS) Memiliki Manfaat Ditengah Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ditambah Harris, dimasa musibah kabut asap yang kerap terjadi setiap tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan. Pemerintah Daerah mendorong Pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas para pelanggar yang memicu kebakaran hutan dan lahan, sehingga dengan demikian kejadian yang merusak citra negara ini dapat ditekan semaksimal mungkin. (ADV/Yul)