Presiden Jokowi Inginkan ASEAN Tingkatkan Kerjasama Dengan Organisasi Resmi Dunia

0
38
Presiden Joko Widodo bersama dengan para kepala negara se-ASEAN.

Singapura, NAWACITA– Presiden Joko Widodo menginginkan perkumpulan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dapat meningkatkan sinergi kerjasama dengan organisasi lain di dunia.

“Saya berharap ASEAN bisa memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF,” ucap Presiden Jokowi,” kata Presiden Jokowi saat jamuan makan siang resmi ASEAN di Pusat Konvensi Suntec, Singapura, Rabu (14/11).

Ditengah situasi global menurut Presiden, maka ada tiga kunci yang harus dilakukan yakni meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Setiap negara-negara ASEAN juga penting menerapkan sikap adil dan bebas terkait penyelesaian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Hal ketiga yakni memperkuat kerja sama moneter dan fiskal, dan memperbaiki fundamental perekonomian domestik dengan memajukan prinsip good governance.

“Kita bertemu disini untuk memperkuat komitmen agar ekonomi terbuka, multilateralisme dapat terus berjalan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan sistem perekonomian secara terbuka serta perdagangan dapat menghasilkan keuntungan bagi bersama.

Sejumlah kepala negara dan pemerintahan negara anggota ASEAN beserta mitra hadir dalam acara makan siang itu yakni Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Cile Sebastián Piñera, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

 

 

 

(Red: Restu, sumber Ist/Ant)

Tinggalkan Balasan