Presiden Jokowi Dorong Pemerintah Daerah Perhatikan Masyarakat Disabilitas

0
49
Presiden Jokowi menunjuk contoh salah satu fasilitas umum yang ramah bagi penyadang disabilitas, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (16/10) pagi. (Foto: JAY/Humas Setkab)

 

Jakarta, NAWACITA– Presiden Joko Widodo mendorong pemerintah daerah memperhatikan masyarakat berkebutuhan khusus (disabilitas) agar bisa merasakan fasilitas khusus ditempat umum.

“Akan kita dorong, entah nanti dikaitkan dengan pajak, bisa juga dengan insentif yang lain,” kata Presiden Jokowi usai meninjau fasilitas umum di Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta,Selasa.

Presiden pun berencana untuk melakukan diskusi khusus kepada masyarakat Difabel terkait kebutuhan mereka tersebut.

Menurut dia, upaya mendorong daerah menyediakan fasulitas umum ramah difabel mungkin bisa juga dikaitkan dengan izin layak fungsi.

“Saya kira Pemprov DKI dan beberapa lainnya sudah mulai menerapkan itu, yang layak fungsi dikaitkan dengan izin-izin itu,” katanya.

Presiden dalam peninjauan fasilitas umun di Kompleka GBK Senayan sempat melihat dan mengecek fasilitas umum untuk kaum difabel.

“Kita ingin melihat fasilitas untuk kaum difabel yang ada di Senayan baik untuk toiletnya, mushalanya, trotoarnya, fasilitas untuk menuju ke tempat penonton, saya kira 80 persen sudah baik,” katanya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan itu adalah Mensesneg Pratikno, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

 

 

 

(Red: Juan, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan