Presiden Jokowi Diagendakan Resmikan Museum Islam Indonesia

0
27
Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid. (Foto: Kompas)

 

Jombang, NAWACITA– Museum Islam Indonesia di Tebuireng direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo esok hari, Selasa (18/12).

Hal ini disampaikan oleh KH Shalahudin Wahid terkait rencana kegiatan Presiden Jokowi di Kabupaten Jombang Jawa Timur.

“Esok Presiden Jokowi berkunjung ke Jombang. Salah satu kegiatan Presiden yakni peresmian Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy`ari,” kata Pengasuh PP Tebuireng Kabupaten Jombang KH Shalahudin Wahid di Jombang, Senin, (17/12).

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengangarkan pembangunan museum ini dengan anggaran sebesar Rp30 miliar.

Penetapan Kabupaten Jombang menjadi lokasi pembangunan museum tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI.

Diketahui banyak ulama pejuang kemerdekaan RI yang lahir di Jombang bahkan terdapat sejumlah makam pahlawan nasional di sana.

Di Pondok Pesantren dimakamkan sejumlah ulama pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy`ari, KH Wahid Hasyim, hingga KH Abdurrahman Wahid, yang merupakan mantan Presiden.

Selain itu, juga terdapat makam KH Wahab Hasbullah, salah satu pendiri NU yang juga sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Makamnya berada di kompleks Pondok Pesantren Tambak Beras Kabupaten Jombang.

Di dalam museum banyak berisi benda-benda bersejarah soal perkembangan Islam di Nusantara, buku-buku, kitab pemikiran para ulama dan benda-benda lainnya. Museum itu nantinya juga diharapkan bisa menjadi bahan rujukan dan referensi tentang Islam di Indonesia.

Komitmen dan rencana pendirian museum tersebut sebenarnya sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono namun baru bisa terealisasi dan akan segera diresmikan.

 

 

(Red: Restu, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan