Presiden Jokowi Batal Cetak Sejarah Datangi Kantor Komnas HAM

0
39
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers kepada awak media.

Jakarta, NAWACITA– Wakil Presiden Jusuf Kalla menggantikan Presiden Joko Widodo menghadiri kegiatan hari HAM Internasional yang dilaksanakan di Kantor Komnas HAM, Jakarta.

Hari HAM Internasional diperingati setiap tanggal 10 Desember dan Komnas HAM pada tahun ini menggelar kegiatan peringatan hari tersebut pada Selasa, ( 11/12).

Sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan datang dalam peringatan ini sekaligus memberikaN sambutan kepada para tamu undangan. Disebabkan karena kesibukan Presiden sehingga Wapres JK diamanahkan untuk mewakili kepala negara.

Jika Presiden Jokowi datang dalam kegiatan ini maka ini merupakan sejarah karena menjadi Presiden pertama yang mendatangi kantor Komnas HAM.

Saat memberikan sambutan, Wapres JK meminta maaf kepada Komnas HAM lantaran Presiden Jokowi tidak hadir. JK mengaku diminta datang mewakili Jokowi ke Komnas HAM. Padahal, JK harusnya menghadiri peringatan hari HAM Internasional di Kemenkum HAM.

“Tapi kata Presiden di Komnas HAM saja dibanding ke Kemenkum HAM. Sehingga yang mengisi di Kemenkum HAM hanya menterinya. Saya diminta beliau karena kesibukan yang tidak bisa ditunda,” kata JK saat membuka acara hari HAM Internasional di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (11/12).

Kehadiran Presiden Jokowi dalam hari HAM Internasional disampaikan sebelumnya oleh Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara yang menuturkan jika kedatangan Presiden merupakan hal yang spesial. Dia bilang, sejak berdirinya Komnas HAM 25 tahun yang lalu, belum pernah seorang presiden menyambangi kantor Komnas HAM.

“Kalau Pak Jokowi datang ke Komnas HAM ini kedua kalinya. Saat jadi gubernur DKI, Jokowi pernah datang ke Komnas HAM,” ucap Beka.

 

(Red: Faiz, sumber Ist)

Tinggalkan Balasan