Polri Apresiasi Kejujuran Ratna Sarumpaet Namun Proses Hukum Berjalan

0
179
Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Ist).

Jakarta, NAWACITA– Kejujuran aktifis Ratna Sarumpaet yang disampaikan kepada publik atas kebohongan tentang penganiyaan terhadap dirinya diapresiasi oleh Kepolisian.

Dalam pernyataan Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyatakan bahwa Kepolisian berterimakasih atas langkah pengakuan aktivis Ratna Sarumpaet yang mengakui ketidak benaran penganiyaan terhadap dirinya.

Namun Polri akan tetap memproses hukum pelaku pengunggah kabar hoaks tersebut karena isu tersebut sudah terlanjur bergulir dan meresahkan masyarakat.

“Saya berterima kasih dan menghargai pernyataan Bu Ratna. Tapi karena ini sudah bergulir di masyarakat dan menimbulkan keresahan, maka yang bertanggung jawab adalah yang mengunggah berita itu di media sosial,” kata Irjen Setyo di Jakarta, kemarin (3/10/2018).

Sementara Ratna sendiri akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus ini. Setyo pun memastikan bahwa status Ratna tidak akan ditingkatkan menjadi tersangka karena bukan Ratna yang menyebarkan kabar bohong mengenai penganiayaan yang menimpanya.

“(Ratna) hanya sebatas saksi,” katanya.

Pihaknya masih mencari pengunggah pertama informasi hoaks tersebut di media sosial. “Bisa ditelusuri secara jejak digital,” katanya.

Setyo pun mengimbau kepada pengguna media sosial agar bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menyebarluaskan suatu informasi tanpa mengetahui fakta sebenarnya.

“Kalau tidak tahu fakta yang sebenarnya, janganlah menyebarluaskan. Bijaklah dalam menggunakan medsos,” katanya.

 

 

(Red: Pendi, sumber TS/Ist)

Tinggalkan Balasan