Peluang Caleg Milenial Pemilu 2024, FORMAPPI: Semakin Banyak milenial di DPR, Suara Mereka Akan Semakin Didengar

0
130

Jakarta, NAWACITAPOSTGenerasi milenial memiliki banyak peluang untuk maju di pemilu 2024 mendatang, dan hal ini berpotensi banyak dilirik masyarakat. Hal ini dibahas pada talkshow politik bertemakan “Peluang Caleg Milenial dalam Pemilu 2024” yang diselenggarakan oleh NawacitaTV bersama Formappi, di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Senin (29/11).

Dialog yang membedah peluang caleg milenial ini menghadirkan empat pembicara, Zulfikar Arse Sadikin S.IP., M.Si., adalah anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar  dan Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Golkar, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa, Furqan AMC aktivis 98, jubir dan Direktur Propaganda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) , dan Lucius selaku peneliti Formappi.

Dalam talkshow tersebut, membahas terkait harus adanya pelembagaan terhadap spirit adanya caleg muda milenial, sebab, hal itu diharapkan bukan hanya sekedar jargon.

Faktanya, saat ini masih banyak partai politik yang membuat nomor urut caleg milenial berada di bawah, tidak sejajar dengan pendahulu partai politiknya.

“Perlu kelembagaan untuk budaya milenial di partai politik, sebab kebanyakan partai politik tidak punya keluasaan yang cukup untuk bertindak sebagai dirinya sendiri. Niat kaum muda untuk terjun menjadi caleg sangat luar biasa,” ujar Lucius

“Tahun 2019 banyak yang menggunakan milenial sebagai objek dan materi kampanye, berbeda dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya. Saya harap di tahun 2024, ada upaya untuk memberikan caleg milenial ruang dengan menyamakan status nomor urut, dengan cara merecruitment caleg dengan standar yang baik,” tambah Lucius.

Dengan corak partai kita yang oligarki, Lucius melanjutkan, elit partai seharusnya sadar bahwa senioritas mereka lebih cocok untuk menikmati hidup mereka di masa tua ketimbang masuk dalam hiruk pikuk partai politik.

“Dengan banyaknya pemilih milenial, kita sudah berada di jalur yang tepat. sebab partai politik saat ini sudah semakin besar. Semakin banyak milenial di DPR, suara mereka akan semakin didengar,” harap Lucius.

Senada dengan Lucius, Zulfikar juga berpesan, yang terpenting saat ini milenial sudah seharusnya mentransfer semangat dan harapan ke dalam kebijakan agar sesuai dengan keinginan mereka.