Seminggu kedepan, 6 Formatur akan Bentuk Kepengurusan PAN Jatim

0
333
H. Masfuk, S.H (Ketua DPW PAN Jatim 2015-2020)

Surabaya NAWACITAPOST – Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) menetapkan lima orang formatur pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur (DPW PAN Jatim). Penetapan dilakukan dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) V DPW PAN Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (19/12/2020) siang.

Lima orang formatur tersebut adalah Ir. H. Ahmad Rizki Sadiq, M. Si. (anggota F-PAN DPR RI), H. Masfuk, S.H (Ketua DPW PAN Jatim 2015-2020), Abdullah Abu Bakar (Walikota Kediri), Achmad Rubaie (Ketua KPPW DPW PAN Jatim), dan HM. Heri Romadhon (anggota F-PAN DPRD Jatim).

“Saudara-saudara, kita sudah rapat di DPP ini, kandidat yang sudah ditetapkan menjadi formatur yang pertama saudara Ahmad Rubaie, yang kedua saudaraku Haji Muhammad Heri Romadhon, berikutnya saudaraku Abdullah Abu Bakar, kemudian saudaraku Masfuk. Satu lagi mewakili DPP, saudaraku Ahmad Rizki Sadiq,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Mempertimbangkan bahwa DPW PAN Jatim memiliki wilayah sangat luas, DPP PAN menambah satu formatur sebagai diskresi dari Ketua Umum. Yaitu Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si (anggota F-PAN DPR RI), yang diberi tugas membantu membentuk kepengurusan. Keenam formatur tersebut diberi waktu satu minggu untuk menyusun pengurus DPW PAN Jatim periode 2020-2025.

“Tapi karena Jawa Timur ini besar, memang di AD/ART itu lima, tapi ini kan boleh diskresi untuk membantu menyusun pengurus. Jadi, saudara-saudara, ada lima formatur, ditambah satu diskresi dari Ketua Umum, yaitu Profesor Zainuddin Maliki,” ujar Zulkifli Hasan yang memimpin sidang secara virtual dari rumah kediamannya di Komplek Widya Candra, Jakarta.

Muswil V PAN Jatim membawa tema ‘Bersatu Mewujudkan Jawa Timur Hebat’, dilakukan secara offline dan online. Protokol kesehatan ketat diberlakukan untuk sekitar lima puluh orang peserta yang hadir secara langsung di lokasi Muswil, Hotel Sangrilla, Surabaya.

Mereka adalah para pengurus DPW PAN Jatim, anggota F-PAN Jatim, anggota F-PAN DPR RI dari Dapil Jatim, dan ketua-ketua ortom di bawah PAN Jatim. Sementara tiga puluh delapan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN dan hampir 600 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN se-Jatim mengikuti Muswil secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Ahmad Mumtaz Rais, juga hadir langsung di lokasi Muswil. Putra pendiri PAN, Amien Rais, ini, didaulat membuka Muswil sekaligus memimpin sidang pleno pengesahan tata tertib dan penyampaian LPJ DPW PAN Jatim periode 2015-2020.

“Muswil V PAN Jawa Timur ini dihadiri oleh lengkap tiga puluh delapan DPD, selain itu juga dihadiri oleh hampir 600 DPC-DPC yang juga ada di sistem daring kita,” kata Mumtaz.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang memberikan sambutan secara virtual, mengapresiasi pelaksanaan Muswil V DPW PAN Jatim. Menurut Khofifah, tema ‘Bersatu Mewujudkan Jawa Timur Hebat’ menunjukkan bagaimana kebersamaan dan sinergitas menjadi roh Muswil kali ini.

“Kami menyampaikan terimakasih. Ini artinya bahwa tidak boleh ada ego di dalam menyelenggarakan pemerintahan. Kompleksitas masalah yang harus diselesaikan di Jawa Timur tentu kita semua punya tanggungjawab yang sama,” kata Khofifah. (*)