Incar Pembangunan Merata, Mujiaman Bicara Program 150 Juta per RT per Tahun

0
81

Surabaya NAWACITAPOST – Ciri khas Surabaya adalah kampung-kampungnya, bahkan kekuatan kota Surabaya adalah dari kampung-kampungnya. Hal ini tegas diucapkan Mujiaman Sukirno Calon Wakil Walikota Surabaya.

Apa itu ciri Khas kampung ? menurut Mujiaman yaitu ke-Khas-an gotong royong, interaksi antar keluarga, interaksi antar individu dan hal ini harus dipertahankan dikota Surabaya.

“Selama ini pembangunan tersentralisasi dari Pemerintah kota, maka yang terjadi adalah keseimbangan antar wilayah dikota ini ternyata tidak merata,” kata mantan Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya ini.

Bahkan, masih Mujiaman, ditengah kota sendiri dibaliknya jalan Urip Sumoharjo itu ada kampung yang kita lihat sangat kurang dalam hal kesehatan dan sanitasi. Apalagi ditempat-tempat yang jauh dari kota, jauh dari Tunjungan akan lebih banyak lagi hal-hal demikian.

” Nantinya kita akan kucurkan dana 150 juta per tahun per lembaga Rukun Tetangga (RT) untuk memastikan Surabaya kampungnya hidup,” janjinya.

Dari hitungan Mujiaman, 150 juta per tahun per RT dengan jumlah RT sekitar 10 rb hasilnya adalah 1,5 triliun atau sama dengan 10 – 15% APBD kota Surabaya.

” Itu adalah Tools, atau alat kita untuk memastikan pembangunan di Surabaya merata sampai kampung-kampungnya,” ujar pendamping Machfud Arifin Calon Walikota Surabaya ini.

Sisa dari APBD, tentunya akan dipakai untuk pembangunan yang strategis, lanjut Mujiaman, calon Wakil Walikota Surabaya yang didukung oleh 9 partai ini.

Kembali Mujiaman menegaskan, kalau APBD Surabaya 10,5 triliun maka 9 triliunnya dipakai untuk pembangunan yang strategis, dan 1,5 triliun harus langsung masuk ke kampung-kampung dalam hal ini berbasis RT.

” Hal itu, sekali lagi kita perlukan untuk memastikan kampung-kampung Surabaya dengan ciri Khasnya dapat kita pertahankan,” tegasnya. (BNW)