Oly Dondokambey Siap Hadapi Dua Srikandi Cantik Sulut

0
745
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputeri dan Calon Petahana Oly Dondokambey

Jakarta, NAWACITAPOST- Perebutan orang nomor satu Sulawesi Utara (Sulut) yang bakal digelar pada akhir 2020 bakal seru dan ramai. Pasalnya calon Petahana Oly Dondokambey (OD) akan menghadapi dua Srikandi cantik Sulut. Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonny Anneke Panambunan (VAP).

Baca Juga : Presiden Tekankan Pentingnya Kerja Terintegrasi untuk Majukan Pariwisata

OD sudah jelas diusung PDI perjuangan dengan jumlah kursi parlemen di provinsi 18 dari total kursi 45 berarti bisa mengusung sendiri. Sedangkan VAP diusung Partai Nasdem dengan jumlah kursi 9 berarti partai besutan Surya Paloh bisa mengusung sendiri.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Calon Gubernur Sulut 2020-2025 Christiany Eugenia Paruntu

Yang paling siap secara pasangan adalah CEP berpasangan dengan Sehan Salim Landjar (SSL) -,Ketua DPW PAN Sulut. Pasalnya CEP punya kursi 7 dan SSL punya kursi 2 jadi siap bertarung di Pilkada Nyiur Melambai.

Paling menarik dan perlu diperhatikan adalah majunya VAP sebagai calon orang nomor satu di Provinsi penghasil Kelapa terbesar di Indonesia.

Partai Nasdem berdasarkan suvei internal bahwa VAP punya elektabilitas tertinggi di Sulawesi Utara. Seperti yang dilakukannya di Minut sudah diketahui dan dirasakan rakyat. Salah satunya dengan blusukan ke daerah-daerah Sulut mendapatkan dukungan rakyat membuatnya memiliki keterpilihan tersebut.

Hal itu membuat DPP mengusung beliau sebagai calon gubernur,” kata Ketua DPW Nasdem Sulut yang juga Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dalam deklarasi VAP digelar di kantor DPW Nasdem Sulut, Manado, Rabu (1/7/2020).

Sedangkan untuk pendamping VAP, Nasdem Sulut sudah memberikan tiga nama calon. DPP hanya menentukan satu dari 3 nama yang diserahkan tersebut.

Calon Gubernur Sulut 2020 – 2025  Vonny Anneke Panambunan Bersama Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh

VAP mengatakan untuk mendapatkan mandat sebagai calon gubernur dari partainya tidak mudah. “Perlu perjuangan, kerja keras dan optimisme. Bersyukur saya bisa mendapatkan mandat Nasdem,” tuturnya.

Jika dilihat bahwa dukungan VAP secara peta politik walaupun ini hanya sekedar catatan. Jelas Minahasa Utara sebagai kandang utama karena VAP adalah Bupati kemudian Bitung, Talaud dengan Bupatinya Elly Lasut dari Nasdem, dan jangan lupa masih ada sisa pendukung dari  Kabupaten Minahasa Tenggara yang pernah Telly Tjanggulung sebagai Bupatinya.

Dukungan sebaran ini kiranya bisa menjadi kantong suara VAP walaupun itu belum bisa menjadi jaminan. Perlu digali dan kerja keras lagi untuk bisa mencapainya.

Sedangkan dukungan  dari OD, wilayah Manado, Minahasa induk, Sangihe, Siau Tagulandang.

CEP bersama SSL dukungan sudah pasti wilayah Minsel dan Bolaang Mondonwo, dan daerah lainnya penyebarannya belum bisa diprediksi.

Yang jelas satu arjuna akan menghadapi 2 srikandi dalam pertarungan Pilkada 2020. Apakah OD akan dua periode sebagai orang nomor satu Sulut atau terhenti di Pilkada ini? Ataukah Sulut punya rekor baru sebagai perempuan pertama menjadi Gubernur antara CEP dan VAP?