PKB Dukung Pencalonan Gibran di Pilkada Solo 2020

Jakarta,NAWACITA – Lembaga survei Median merilis survei terkait Pilwalkot Solo 2020 yang diramaikan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming. Setinggi apa elektabilitas Gibran?

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, mengatakan survei ini melibatkan 800 responden dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Survei ini dilakukan pada 3 Desember-9 Desember yang lalu.

Ada 18 kandidat yang terjaring dalam survei ini. Untuk sisi popularitas, Gibran Rakabuming masih kalah dengan Achmad Purnomo yang merupakan calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo. Di sisi elektabilitas, Gibran Rakabuming juga masih tertinggal dari Achmad Purnomo.

“Achmad Purnomo 94,5 persen, Gibran Rakabuming 82,3 persen, Teguh Prakosa 50,0 persen,” kata Rico Marbun dalam pemaparan di Restoran Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Menggunakan metode pertanyaan tertutup, Median melakukan survei elektabilitas calon wali kota Solo. Gibran masih berada di urutan kedua setelah Achmad Purnomo.

“Achmad Purnomo 45,0 persen, Gibran Rakabuming 24,5 persen, Budi Prasetyo 7,3 persen,” sebut Rico.

Dari sisi top of mind survei, Gibran Rakabuming masih berada di urutan kedua setelah Achmad Purnomo. Selisih persentase keduanya cukup lebar dari segi top of mind dengan Achmad Purnomo mengantongi angka 40,9 persen dan Gibran Rakabuming sebesar 19,1 persen (sumber: Detikcom)

 

Baca juga :  Tidak Berpengalaman, Ketua PBNU Pertanyakan Kiprah Mahfud MD Di NU