Sederhana Tapi Meriah,Syukuran Juliari Batubara Jadi Mensos

1
365

Jakarta,NAWACITA-Punguan Batubara Boru Bere Sejabodetabek menggelar ibadah syukur atas pengangkatan Juliari Peter Batubara menjadi Menteri Sosial Republik Indonesia. Bertempat di L’avenue Apartement, Jakarta Selatan, pada, Sabtu, (30/11/19) dihadiri puluhan pengurus Batubara Sejabodetabek, ketua wilayah dan para tokoh-tokoh senior di Batubara.

Acara dimulai dengan kebaktian. Selesai kebaktian digelar acara mambulangbulangi Juliari Peter Batubara didampingi istrinya, Grace Pieters. Acara ini dipandu oleh Hasan Batubara, Ketua Paradaton Batubara Sejabodetabek yang juga penasihat tabloid Suara Batak.

Konon mambulangbulangi adalah ritual dalam budaya masyarakat Batak, memberi penghormatan bagi seorang pahlawan atau tokoh, termasuk memberangkatkan seorang pejuang ke pertempuran.  Acara “mambulang-bulangi” menyematkan seseorang pakaian adat kebesaran atas keberhasilkan mencapai perbuatan besar.

“Ini adalah suatu ritual untuk meneguhkan seseorang agar kuat dan teguh dalam menjalani kehidupan dan penuh berkat,” ujar Ronald Batubara, Ketua Umum Batubara Boru Bere Sejabodetabek sebelum menyematkan ulos dan penutup kepala sebagai penghomatan mambulangbulangi sang menteri.

Ronald didampingi istri, boru Lumban Gaol dan jajaran pengurus Batubara Sejabodetabek.

“Yang berhak menerima Bulang-bulang adalah orang yang berjasa luar biasa dan keturunan Raja,” tambahnya.

Karena itu, Ronald juga tak lupa mengatakan, walau tak seluruh anggota Batubara Sejabodetabek hadir di acara tersebut, tetapi seluruhnya marga Batubara bangga dan bersuka cita atas terpilihnya Juliari Peter Batubara sebagai Menteri Sosial.

“Kami berharap marga Batubara terus makin maju. Apalagi saat ini, satu dari lima visi dari Presiden Joko Widodo adalah soal fokus membenahi sumber daya manusia (SDM). Kami berharap keturunan Batubara makin hari makin lebih baik. Maka ke depan dengan adanya Yayasan Batubara Sejahtera bisa menjadi jembatan untuk memberikan beasiswa bagi keturunan Batubara,” ujarnya sembari mengharapkan perhatian Juliari bagi kemajuan keturunan Batubara.

Selesai acara segenap perwakilan boru, paniaran,  pengurus Batubara Sejabodetabek dan penasihat memberi ucapan selamat kepada Juliari Peter Batubara. Salah satu penasihat punguan Batubara menyampaikan pesan dan nasihat agar Juliari mampu  dan tuntas mengemban amanah  yang dipercayakan bangsa dan negara kepadanya.

“Konsekwensi dari menerima amanah adalah memikul tanggung-jawab besar. Sekarang Juliari bukan lagi hanya milik keluarga Batubara, tetapi milik bangsa dan Negara.”

Tentu, diangkatnya Juliari sebagai menteri menambah daftar panjang keturunan marga Batubara menjadi menteri. Menteri dari marga Batubara sendiri dimulai Adam Malik Batubara. Pernah menjadi Menteri Luar Negeri sebelum menjadi Wakil Presiden Indonesia dan dilanjutukan era Cosmas Batubara, tiga kali menjabat menteri; Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja. Dan Juliari menjadi menteri ketiga dari marga Batubara, namun Juliari Peter Batubara satu-satunya menteri yang paling muda orang Batak, umur 47 tahun.

Dia dipercaya menjadi Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Mar’uf Amin periode 2019-2024. Sebelumnya, politisi PDI Perjuangan ini pernah dua periode menjabat sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah I. Tentu, segenap marga Batubara boleh berbangga hati karena juga bisa mengikuti marga Batak lainnya seperti marga Harahap yang pernah 4 orang menteri, marga Nasution 4 orang menteri dan marga Siregar 3 kali pernah menteri.

Saat mangampu, Juliari mengatakan, tentu dia juga tak menyangka bahwa dirinya dipercaya Presiden Jokowi menjadi pembantunya. “Saya tentu berterimakasih kepada Tuhan atas kepercayaan bangsa dan negara untuk menjadi menteri. Kebanggaan ini sudah tentu juga kebanggaan bagi Batubara di mana pun berada,” ujar lulusan Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat.

“Saya tadi senyum-senyum karena ada dua orang yang memberi ucapan selamat dan juga menyinggung visi dan misi Presiden Joko Widodo, bos saya. Memang benar Presiden punya visi untuk Indonesia Maju. Karena itu, mari kita bantu beliau, sebab kalau bangsa dan negara ini maju sudah tentu marga Batubara juga maju dan merasakan sendiri dampaknya,” ujar Juliari disambut tepuk tangan gemuruh para undangan. Semua hadirin bahagia dan bersukacira. Sang menteri dengan sabar melayani seluruh undangan berselfi. Acara digelar sederhana tetapi sangat bermakna dan mendalam.