Relawan ABJ Minta Gerindra Tak Ganggu Pemerintahan Jokowi

25
149
Relawan ABJ Minta Gerindra Tak Ganggu Pemerintahan Jokowi

Jakarta, NAWACITA- Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) khawatir dengan bakal masuknya Partai Gerindra dalam pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf). Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan wakilnya Edhy Prabowo bakal menjadi menteri di Kabinet Kerja jilid II.

Ketua Umum AJB, Michael Umbas mengatakan, para relawan Jokowi melihat belum ada kepastian soal manfaat politik yang akan diterima Jokowi jika mengajak Gerindra masuk ke koalisi. Relawan mengkhawatirkan ada unsur pemanfaatan kekuasaan.

“Kita juga ingin memastikan Pak Jokowi dalam pemerintahan ke depan tidak terjadi hal-hal di mana ada yang memanfaatkan kekuasaan untuk membajak gitu,” ujarnya usai acara syukuran relawan ABJ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Umbas mengatakan, relawan juga menginginkan adanya kepastian masuknya Gerindra tak akan memberi ancaman untuk pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam lima tahun mendatang. Relawan melihat gelagat Prabowo yang ingin masuk ke kabinet dengan syarat posisi menteri tertentu.

“Soalnya kan kalau dia (Prabowo) bergabung kemudian mengajukan posisi menteri tersendiri, kan menimbulkan tanda tanya,” ujar Umbas.

Baca Juga : Fadli Zon Diusung Gerindra mengisi Jabatan Menteri

Dengan keputusan yang telah diambil Jokowi, relawan menghormati sepenuhnya keputusan Jokowi yang memilih mengajak Gerindra masuk ke koalisi. “Tapi jangan sampai keputusan ini berdampak buruk. Namun memang sebagian besar relawan kecewa dengan keputusan itu,” kata Umbas.

Menurut dia, Mayoritas relawan meyakini Jokowi sudah mempertimbangkan semuanya. Dia mengungkapkan, Jokowi telah memanggil para pimpinan kelompok relawan usai pelantikan pada Minggu, 20 Oktober 2019 malam di Istana Negara.

 

Comments are closed.