Resmi Jadi Ketua DPR RI, Puan Miliki Harta Rp363,7 Miliar

75
270
Resmi Jadi Ketua DPR RI, Puan Miliki Harta Rp363,7 Miliar

Jakarta, NAWACITA- Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, kini resmi menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2014. Puan sekaligus menjadi Ketua DPR perempuan pertama Indonesia.

Dalam pidato perdana sebagai ketua DPR RI, Puan mengingatkan tugas DPR di periode ini tidaklah ringan. Sebab, era kemajuan zaman begitu dinamis meliputi antara lain era revolusi industri 4.0.

“Era teknologi digital yang menguasai hampir setiap kehidupan manusia. Menciptakan kodisi kehidupan masyarakat dan negara terbuka secara sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Persaingan global semakin tajam. Berbagai permasalahan yang memiliki karakter dan substansi yang berbeda-beda,” kata Puan.

Sebelum membahas kinerjanya, berdasar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018 yang disampaikan oleh Puan pada Maret 2019, diketahui bahwa cucu dari proklamator Bung Karno ini memiliki harta sebanyak Rp 363,7 miliar.

Mengutip laporan tersebut, harta Puan kebanyakan berupa aset tanah yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bogor, sampai Bali. Totalnya ada 74 bidang tanah dengan nilai mencapai Rp 148,8 miliar.

Tanah paling mahal yang dimilikinya berada di Jakarta dengan harga Rp 26,4 miliar di Jakarta Pusat seluas 4.982 m2.

Baca Juga : Presiden Terpilih menyerahkan Urusan Pelantikannya ke MPR

Harta selanjutnya surat berharga sebanyak Rp 208 miliar. Lalu terdapat juga kendaraan berupa mobil dari VW, Land Cruiser, BMW sampai motor Harley Davidson.

Harta yang ia miliki ini meroket dibanding LHKPN 2010 di mana Puan hanya memiliki harta sejumlah Rp 34 miliar. Saat itu, jumlah harta berupa tanah dan bangunannya hanya ada 17 unit.

Comments are closed.