136 Anggota DPD RI Hasil Pemilu 2019 Resmi Dilantik

1
245
136 Anggota DPD RI Hasil Pemilu 2019 Resmi Dilantik

Jakarta, NAWACITA- Sebanyak 136 Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 resmi dilantik pada hari hari ini di Gedung ‘Kura-kura’, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/9). Mereka akan bekerja untuk periode 2019-2024.

Satu per satu anggota DPD RI dan para undangan yang masih berada di luar ruangan berduyun-duyun memasuki gedung yang sudah dibangun sejak tahun 1965 itu. Mereka langsung menempati posisi duduknya masing-masing untuk mengikuti prosesi pelantikan.

Prosesi pelantikan diawali oleh pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian Pengangkatan Keanggotaan MPR/DPR/DPD periode 2019-2024 oleh Sekretaris Jenderal DPD Reydonnyzar Moenek.

Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali pun mengambil tempat di atas podium pimpinan. Sejumlah perwakilan anggota DPD maju berjejer ke depan dekat podium sidang.

Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPD RI terpilih itu dengan membawa kitab suci. Para anggota DPD RI pun disumpah. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

“Saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing apakah saudara-saudara bersedia disumpah atau dijanji menurut agama dan kepercayaan masing-masing?” tanya Hatta kepada anggota DPD RI baru itu.

Baca Juga : AHY menemani Ibas yang Dilantik Sebagai Anggota DPR

Mendengar pertanyaan itu, seluruh anggota DPD RI baru itu menyatakan kesediaannya.

“Bersedia,” ujar anggota DPD RI itu serempak.

Setelah itu, Hatta pun memandu sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

Comments are closed.