Kerajaan Arab Saudi Mengucapkan Selamat Kepada Jokowi

11
369

Jakarta, NAWACITA- Kerajaan arab saudi yang di pimpin Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengirimkan telegram yang berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Atas nama rakyat dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, saya mengucapkan selamat kepada Joko Widodo atas terpilihnya kembali sebagai Presiden RI. Semoga rakyat Indonesia semakin maju dan makmur,” tulis Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam keterangan yang dilansir dalam laman resmi Saudi Press Agency di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Raja Salman merupakan satu dari jajaran pemimpin dunia yang sudah mengucapkan selamat kepada Jokowi yang dalam pemilihan umum 2019 berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Sebelumnya ucapan selamat juga telah disampaikan ke Jokowi oleh antara lain Presiden Amerika Serikat, Donald Trump; Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan; Presiden China Xi Jinping; Perdana Menteri Australia Scott Morrison; Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad; dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari atau lebih cepat satu hari dari jadwal yang ditentukan, yakni 22 Mei.

Penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin meraup 85.607.362 juta suara atau 55,50 persen dari total suara nasional, sedangkan penantangnya yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 juta suara atau 44,50 persen dari total suara nasional.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 sebesar 199.987.870.Kubu Prabowo-Sandiaga menolak hasil rekapitulasi suara tersebut dan berencana mengajukan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019, situasi Jakarta juga memanas pada 21-22 Mei 2019. Aksi massa yang memprotes hasil pemilu berujung pada kerusuhan dan bentrok dengan aparat keamanan.

 

Comments are closed.