Tokoh Ini Layak Dipertimbangkan Duduk di Kabinet Jokowi

27
520

Jakarta NAWACITA – Kabinet baru Jokowi – Ma’ruf Amin dinilai perlu diisi oleh tokoh baru yang berintegritas dan mempunyai visi membangun ekonomi kerakyatan. Pendapat ini diungkapkan Direktur Eksekutif Index Politica Denny Charter.

Menurut Denny, orde lama melahirkan politik ekonomi sosialistik, sementara di era orde baru politik ekonomi lebih liberalistik. Memang ada perubahan sistem pemerintahan yang signifikan di era reformasi, namun tidak diikuti oleh perubahan politik ekonomi yang mendukung ekonomi kerakyatan.

“Nama seperti Erick Thohir, Lukmanul Hakim, TGB M Zainul Majdi, Hasto Kristianto, dan Yenny Wahid layak dipertimbangkan,” tuturnya.

Erick Thohir, lanjut Denny, adalah tokoh sentral dalam tim pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin. Sebagai pengusaha sukses Erick diyakini memiliki kemampuan untuk menyempurnakan konsep permberdayaan ekonomi kerakyatan yang saat ini tengah berjalan.

Sedangkan Lukmanul Hakim yang sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua MUI, dan Direktur LPPOM, adalah tokoh pemberdayaan ekonomi kerakyatan, bersama MUI yang dikomandoi oleh KH. Ma’ruf Amin, Lukmanul Hakim adalah konseptor Arus Baru Ekonomi Indonesia.

Sementara TGB M Zainul Majdi sosok mewakili tokoh muslim yang dikenal aktif mendukung program pemberdayaan ekonomi umat selama menjadi Gubernur NTB.

“Begitupun dengan Hasto Kristianto dan Yenny Wahid keduanya adalah tokoh yang getol memperjuangakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Manurut Denny Roadmap, kebijakan ekonomi harusnya mengambil jalur tengah dengan berubah menjadi sistem ekonomi dan keuangan yang inklusif sesuai dengan amanat UUD 1945 khususnya pasal 33 ayat 1, dan Politik Ekonomi baru harus mampu melahirkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

Comments are closed.