KPU dan Bawaslu Telusuri Keaslian Surat Suara Tercoblos di Selangor

2
212

KPU dan Bawaslu Telusuri Keaslian Surat Suara Tercoblos di Selangor

Jakarta NAWACITA – Menyikapi penemuan surat suara di Malaysia sudah tercoblos untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan sejumlah caleg, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung mengambil langkah.

Dalam jumpa pers yang digelar di kantor Bawaslu Jakarta, salah satu yang dilakukan kedua lembaga itu adalah menelusuri apakah surat suara yang sudah tercoblos itu asli yang dicetak KPU atau bukan.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya langsung mengontak panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (PPLN) di Malaysia untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi di sana.

Hingga saat ini, kata Arief, proses masih berjalan. Menurut dia, di Malaysia terdapat banyak petugas PPLN yang tersebar seperti di Kuala Lumpur, Kinabalu, Johor Baru, Kucing dan Pineng maka seluruh petugas diperintahkan untuk mengecek peristiwa yang terjadi di sana.

“Sampai malam ini masih on going process. Jadi memang perlu klarifikasi beberapa hal saya mau tahu, itu tempat siapa, surat suaranya apa benar dari KPU, siapa buat video, siapa yang lapor Panwas lalu, apa sikap otoritas setempat,” ujar Arief.

Arief meminta semua untuk tidak buru-buru mengambil kesimpulan atas penemuan yang videonya viral di media sosial tersebut. Sebab, KPU dan Bawaslu sudah langsung melakukan langkah-langkah dengan cepat.

“Dalam waktu enggak lama KPU RI akan putuskan. Dan jangan lihat ini berlebihan, ini biasa aja. Kalau ada (kejadian ini) di dalam negeri kita minta juga pengecekan,” ucapnya.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menambahkan, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan klarifikasi terkait peristiwa ini, termasuk mengecek keaslian surat suara yang tercoblos dimaksud.

“Ini yang kami akan klarifikasi atas kejadian yang tadi terjadi. Jadi jajaran kami ada di sana, tinggal bagaimana kita pastikan kejadian siang itu seperti apa, surat suara dari mana, asli punya KPU, dan lain-lain,” kata Afif.

Di satu sisi, Afif mengakui kejadian penemuan surat suara di Malaysia sudah tercoblos benar terjadi. Namun sejauh ini kejadian itu masih didalami pihaknya bersama KPU.

“Itu peristiwa benar. Hanya kami akan pastikan kejadian itu dan panwas untuk kami dalami, surat suara dari mana, siapa yang lakukan, apa benar dicetak KPU,” kata Afif.

Untuk diketahui video penemuan puluhan kantung surat suara yang sudah tercoblos di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia pada Kamis (11/4) beredar. Dalam video, puluhan kantung berwarna hitam tersebut berada di ruangan yang sudah tidak terpakai.

Sejumlah orang yang nampak di video menunjukkan surat suara dalam kantung. Ada coblosan di kolom paslon pilpres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II mencakup Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. Surat suara yang ditunjukkan sudah tercoblos caleg partai NasDem.

Comments are closed.