Waspada! Jangan Sia-siakan Suara Anda di DPR RI, 7 Parpol Dinyatakan Tidak Lolos ke Senayan

11
775

Jakarta, NAWACITA– Tujuh dari enam belas partai politik yang bertarung dalam pemilu 2019 diprediksi akan gagal ke Senayan.

Sebagaimana rilis survei Litbang Kompas per tanggal 22 Februari-5 Maret menunjukkan bahwa beberapa parpol mendapatkan suara jauh dari ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4 persen.

Parpol yang tidak lolos tersebut menurut rilis Litbang Kompas ada 7 partai yang tidak lolos baik partai petahana maupun partai pendatang baru.

Adapun parpol yang tidak lolos yakni partai Hanura. Partai yang dinakhodai oleh Oesman Sapta Odang sebetulnya merupakan partai petahana. Dalam pemilu 2019, partai ini terancam gagal mempertahankan posisinya di Senayan karena elektabilitas menurun hingga 0,9 persen dari 5,3 persen pada tahun 2014. Penurunan elektabilitas ini disebabkan adanya idualisme kepemimpinan sejak dinakhodai Oesman Sapta Odang.

Kemudian Partai Bulan Bintang (PBB) hanya dipilih oleh 0,4 persen responden, begitu juga Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang hanya mendapat 0,2 persen. Empat parpol partai politik pendatang baru juga belum mampu melawan dominasi parpol lama. Partai Perindo menjadi yang teratas dengan 1,5 persen, disusul Partai Solidaritas Indonesia 0,9 persen, Partai Berkarya 0,5 persen, dan Partai Garuda 0,2 persen.

“Meski mempertimbangkan tingkat sampling error +/- 2,2 persen pun, parpol ini masih sulit memenuhi angka minimal ambang batas parlemen,” tulis peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu, seperti dikutip dari harian Kompas, Kamis (21/3).

Selain ketujuh parpol di atas, ada tiga parpol lain yang elektabilitasnya tak melewati ambang batas parlemen sebesar empat persen.

Ketiganya ialah PAN 2,9 persen, PPP 2,7 persen, dan Nasdem 2,6 persen. Kendati demikian, apabila ditambah dengan tingkat margin of error +/- 2,2 persen, ketiga parpol ini masih mempunyai peluang lolos ke Senayan.

 

(Red: Bee, sumber Kompas)

Comments are closed.