Politisi Golkar Sebut Ide Liburkan Sekolah Selama Ramadhan Tidak Tepat

9
104

Jakarta NAWACITA – Politikus Partai Golkar menanggapi pernyataan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno yang berjanji akan meliburkan sekolah selama bulan Ramadhan jika ia terpilih menjadi Wakil Presiden 2019.

Politikus Partai Golkar Nusron Wahid menyebut ide tersebut tidak tepat. Ia menilai, menghormati Bulan Ramadhan bukan dengan meliburkan sekolah.

“Menghormati bulan Ramadan bukan dengan cara meliburkan sekolah, tapi justru memperbanyak kegiatan keagamaan dan pendalaman agama di sekolah,” kata Nusron kepada wartawan, Selasa (19/3).

Meliburkan sekolah saat Ramadan, menurut Nusron, justru berpotensi menyebabkan siswa memilih liburan ke luar kota, bukan melakukan kegiatan terkait Ramadan.

“Kalau diliburkan yang terjadi bukan malah ngaji dan bertoleransi, tapi malah merencanakan liburan. Contoh, saat ini diliburkan pada saat 1 Muharam dan 12 Maulid Nabi. Yang terjadi justru malah banyak yang tidak merayakan Maulid Nabi, padahal sudah dikasih fasilitas libur. Tapi malah pada ke luar kota,” kata Nusron.

Ditegaskannya, bahwa cara menghormati Ramadan bukan dengan membuat kebijakan meliburkan sekolah, tapi dengan memperbanyak kegiatan sosial dalam Ramadan, justru dinilainya lebih tepat.

“Lagi pula menjalankan ibadah puasa dan menghormati Ramadan bukan berarti off dari kegiatan, tapi justru memperbanyak empati sosial. Justru praktik itu bisa didesain melalui kegiatan sekolah. Ini makin menunjukkan kalau Sandi memahami ibadah hanya ritual tanpa aspek sosial,” paparnya.

Diketahui, sebelumnya Koordinator Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan, pasangan Capres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno jika terpilih nanti, akan meliburkan anak sekolah dan kampus-kampus selama Bulan Ramadan. Tujuannya agar anak-anak fokus mempelajari agama Islam.

“Pak Prabowo memberikan kesempatan kepada seluruh anak-anak sekolah fokus belajar agama Islam pada bulan ramadhan, serta mengembangkan nilai-nilai toleransi pada bulan Ramadhan,” kata Dahnil lewat akun twitternya, Jumat (15/3).

Comments are closed.