Dinilai Hina KH Agus Salim, PDIP Desak Status Kewarganegaraan Rocky Gerung Dicabut

0
79

Jakarta NAWACITA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyoroti pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang dinilainya menghina pahlawan nasional KH Agus Salim.

Diketahui, Rocky Gerung sebelumnya kembali membuat pernyataan kontroversial.

Mantan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia itu pun dilaporkan lantaran ucapannya yang dianggap menghina pahlawan nasional asal Sumatera Barat, KH. Agus Salim.

Pernyataan Rocky yang dianggap sebagai hinaan itu ia lontarkan ketika mengisi diskusi di Adi TV, Jumat (22/2) lalu.
Berikut pernyataan Rocky Gerung di Adi Tv yang menuai polemik:

“Saya ulangi ceritanya lagi yang belum dengar, dalam satu perdebatan politik, Haji Agus Salim, Anda tahu kan wajahnya Haji Agus Salim kayak kambing ada jenggot di sini, tahu ya milenial? Pernah lihat wajah Agus Salim? Jenggot,” kata Rocky Gerung.

“Haji Agus Salim lagi kasih ceramah di depan Adi Tv, pada waktu itu kita anggap saja sudah ada Adi Tv. Lalu ada penganggu dari ujung sana, mulai, “mbee..mbee.. (suara kambing).”

“Haji Agus Salim enggak bilang silahkan upload, Haji Agus Salim bilang begini, saudara-saudara panitia setahu saya, saya diundang di forum manusia, mengapa ada binatang di ujung sana?.”

“Itu datang dari kecerdasan, kan begitu kita inginkan kan? Sehingga si makhluk penganggu tadi diam-diam dia pulang sebelum sempat men-download aqua,” tambah Rocky Gerung.

Pernyataan kontroversial ini dinilai Hasto tidak pantas diucapkan oleh anak bangsa.
Untuk itu, menurut Hasto, PDI Perjuangan mendesak Rocky mencabut status kewarganegaraannya sebagai warga negara Indonesia.

“Atas hinaan yang ditujukan kepada KH Agus Salim tersebut, PDI Perjuangan mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Hasto menyebut pernyataan itu lebih pantas disampaikan orang yang jiwanya tidak sehat. Rocky juga dinilai tidak paham sejarah perjuangan KH Agus Salim yang dihormati dengan kemampuan diplomasinya. .

“Berkat jasa KH Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah,” ujarnya.

PDI Perjuangan juga berencana akan mengadukan secara langsung pernyataan tersebut ke aparat kepolisian. “Mereka yang menghina pahlawan nasional bangsanya, sama saja tidak punya patriotisme dan hanya menjadi benalu pemecah belah bangsa”

Sebelumnya, Rocky Gerung membantah tudingan bahwa dirinya meledek Haji Agus Salim. Disebut-sebut menista, dia justru sedang menceritakan kisah yang sudah santer di banyak buku, yakni tentang betapa cerdasnya menteri luar negeri RI pada zaman revolusi itu dalam menjawab ledekan orang-orang.

Rocky kemudian meminta agar video yang viral ditonton secara utuh, tidak separuh-separuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here