Tanggapi Prabowo, Jokowi: ASN Dapatkan Tunjangan Besar dan Gaji Yang Layak

0
177
Capres nomor urut 1 Jokowi-Ma'ruf.(Foto: Kompas)

Jakarta, NAWACITA– Capres nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) dalam empat tahun masa pemerintahanya mengungkapkan gaji pegawai negeri sipil sudah baik dan mendapatkan sistem tunjangan kinerja yang cukup besar.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam menanggapi kualitas dan kinerja ASN dalam debat perdana Pilpres 2019 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPU) di Hotel Bidakara, Kamis (17/1).

“Saya tidak setuju apa yang tadi disampaikan oleh Pak Prabowo karena kita tahu kita tahu gaji di ASN kita PNS kita sekarang ini menurut saya sudah cukup dengan tambahan tunjangan kinerja yang sudah besar,” kata Jokowi.

Diutarakannya, penerapan sistem ini sudah adil bagi PNS. dengan gaji yang diperoleh sudah relatif besar, maka korupsi pun bisa menurun sehingga menciptakan birokrasi yang transparan dan bersih.

Selain itu pula dilakukan pengawasan oleh KPK, internal maupun eksternal serta dari masyarakat. Ini dilakukan untuk selalu mengawasi birokrasi yang berjalan untuk memberikan pelayanan kepada publik.

“Yang penting buat saya sekarang adalah perampingan birokrasi kemudian ada mekanisme sistem rekrutmen putra-putri terbaik melalui merit system, mutasi bidang, promosi sesuai dengan kompetensi,sesuai dengan integritas, sesuai dengan prestasi, sesuai dengan rekam jejak,” tukas Jokowi.