Universitas Indonesia Tidak Keberatan Alumninya Dukung Pasangan Jokowi-Ma’ruf

9
180
Capres Joko Widodo saat menghadiri deklarasi dari Alumni UI. (Foto: dtk)

Jakarta, NAWACITA– Kampus Universitas Indonesia tidak mempermasalahkan deklarasi alumni Universitas Indonesia (UI) yang mendukung calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Bertempat di plaza tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1), ratusan alumni mengenakan kaus berwarna kuning melakukan deklarasi secara terang-terangan kepada publik.

Acara deklarasi pun dihadiri langsung oleh Calon Presiden Joko Widodo yang merupakan calon petahana. Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Universitas Indonesia (UI) Gandjar Laksmana menganggap dukungan yang disampaikan alumni UI bersifat perorangan, bukan kelembagaan.

“UI tidak berwenang membatasi sejauh itu. Yang penting tidak mengklaim mewakili institusi UI,” kata Gandjar ketika dikonfirmasi, Senin (15/1).

Menurut dia, siapa pun berhak memberikan dukungan asalkan tidak mengatasnamakan institusi. Dalam memberikan dukungan, sambung dia, tidak diperbolehkan menggunakan simbol resmi UI.

“Utamanya tidak mewakili institusi dan tidak menggunakan simbol resmi,” ucap Gandjar.

Menurut dia, tidak masalah jika alumni mendukung capres-cawapres selama atas nama pribadi, bukan institusi kampusnya.

“Sepanjang dalam kapasitas pribadi, tidak mengklaim mewakili institusi tertentu, adalah hak masing-masing perorangan,” ucapnya.

 

 

(Red: Faiz, sumber Sindo)

Comments are closed.