Ini Rencana Pembangunan Infrastuktur Dari Sandiaga Uno Jika Terpilih

0
159
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menyapa masyarakat saat kunjungan di Kampung Nelayan Pasir Putih, Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, Kamis 3 Januari 2019.(Foto: Tempo)

Jakarta, NAWACITA– Sandiaga Uno mempersiapkan format pembangunan infrastruktur Indonesia jika terpilih menjadi orang nomor 2 di Indonesia.

Cawapres nomor urut 2 ini menyatakan mempunyai cara jitu dalam melakukan berbagai proyek tersebut pasca Jokowi.

Ia menegaskan melanjutkan pembangunan dari berbagai proyek infrastruktur yang telah dimulai pada era-era sebalumnya.

Hal ini didapatkan Sandi setelah melakukan sosialisasi di 1.000 titik wilayah di seluruh Indonesia dalam 120 hari masa kampanye.

Dalam kunjungan itu, Sandi mengaku menerima berbagai keluhan dari rakyat terkait pembangunan infrastrukr yang menurutnya belum memiliki dampak langsung terhadap perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Karena itu, nantinya Sandi juga akan memberikan koreksi dan penajaman terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur era Jokowi guna melakukan perbaikan-perbaikan.

“Prabowo-Sandi akan tetap fokus untuk membangun infrastruktur. Kita tidak akan menurunkan komitmen, justru kita akan tingkatkan, tapi infrastruktur yang lebih menyentuh kepada infrastruktur pertanian dan pedesaan,” kata Sandiaga di Jakarta, Rabu (9/1/).

“Jadi, bukan hanya infrastruktur yang ada di perkotaan, di jalur-jalur utama, infrastruktur pedesaan juga kita utamakan agar dampak ekonomi langsung dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Tak hanya melebarkan pembangunan hingga ke desa, Prabowo-Sandi juga berkomitmen melibatkan sektor swasta dalam proyek infrastruktur.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban utang dalam APBN yang selama ini ditanggung BUMN.

“Saya ingin melibatkan lebih banyak, 9 sampai 10% ekonomi itu didrive oleh pemerintah, 90% itu pengusaha,” ungkap Sandi.

Dalam pemikiranya, kemitraan antara pemerintah dan swasta bisa menjadi opsi utama dalam membangun infrastruktur. Namun sayang, opsi tersebut dipinggirkan di era ini.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pun menyebut keberhasilannya membangun Tol Cipali sebagai model pembangunan yang dilakukan swasta tanpa membebani uang negara.

“Pembangunan Cipali itu tanpa utang negara atau utang pemerintah. Alhamdulillah sudah berjalan dan sekarang bisa dicoba. Ini yang akan Prabowo-Sandi prioritaskan, kami akan tingkatkan pembangunan infrastruktur,” imbuhnya.

 

(Red: Pendi, sumber Ant)